JawaPos Radar

Din Syamsuddin Serukan Pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI

27/09/2018, 11:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
Din Syamsuddin Serukan Pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyerukan pemutaran fim Pengkhianatan G30S PKI. Menurut Din, masyarakat perlu menonton film yang mengisahkan tentang Peristiwa 1965 tersebut.

Din juga menyampaikan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan TNI bisa menggelar acara nonton bareng alias nobar film yang diproduksi era Orde Baru tersebut.

"Kami serukan masing-masing ormas Islam, keluarga besar bangsa lain, dan TNI saya kira sangat relevan menonton film itu," ujar Din di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Kamis (26/9) kemarin.

Menurut Din, masyarakat perlu mengetahui sejarah bangsa Indonesia yang digambarkan versi pemerintahan Orde Baru. "Ini dalam rangka tidak melupakan sejarah. Maka tetap relevan untuk tonton film Pengkhianatan G30S PKI, sebagai yang ada di masa lampau," katanya.

Lebih lanjut, Din mengusulkan supaya MUI bisa menggelar nobar film yang disutradarai oleh Arifin C Noer itu. Kalau perlu nobar itu digelar di tempat-tempat umum, seperti nobar Piala Dunia.

Misalkan nobar di pusat perbelanjaaan. "Iya saya kira diusulkan ya (usulan ke MUI) dan saya kira baik‎ sekali, karena untuk generasi muda agar jangan abai (terhadap sejarah)," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up