JawaPos Radar

Curhat soal Hubungan dengan Mega, SBY Dihantui Perasaannya Sendiri?

27/07/2018, 16:35 WIB | Editor: Estu Suryowati
Curhat soal Hubungan dengan Mega, SBY Dihantui Perasaannya Sendiri?
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (24/7). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta semua pihak untuk mencermati, melihat, dan menilai secara jernih curhatan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY mengeluhkan perihal komunikasi dengan Megawati Soekarnoputri dan dampaknya terhadap upaya penjajakan koalisi dengan pendukung Joko Widodo (Jokowi).

Mengomentari curhatan SBY, Ketua DPP PDIP Komaruddin Watabun mengaku heran dengan sikap Presiden ke-6 RI itu. Ia tak habis pikir, SBY seolah menyalahkan Megawati atas kegagalan koalisi dengan pendukung Jokowi.

"Jadi, kenapa Ibu Mega yang disalahkan? Masalahnya berada di Pak SBY sendiri. Rakyat tahu itu," ujar Komaruddin dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com, Jumat (27/7).

Curhat soal Hubungan dengan Mega, SBY Dihantui Perasaannya Sendiri?
Ketua Umum PDIP Megawati ditemani Ketua Nonaktif DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani saat membuka rapat koordinasi bidang politik dan keamanan PDIP di kantor DPP PDIP, Kamis (3/5). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Menurut Komaruddin, kegagalan bergabungnya Demokrat dalam koalisi Pak Jokowi lebih disebabkan oleh keraguan SBY sendiri. Sebab, ketika Jokowi sudah membuka kesempatan partai lain untuk bergabung, SBY malah tiba-tiba mengeluhkan soal komunikasi dengan Megawati.

"Padahal semua rakyat Indonesia tahu kalau Jokowi telah mempersatukan semua Presiden dan Wakil Presiden terdahulu saat upacara kemerdekaan ke-72 RI, tahun lalu. Pak SBY dan Ibu Ani Yudhoyono telah bersalaman dengan Ibu Mega dan disaksikan jutaan mata rakyat Indonesia saat itu," katanya.

"Kok sekarang Pak SBY kembali berulah lagi tentang hubungan dengan Ibu Mega belum pulih? SBY ini dihantui oleh perasaannya sendiri," tambahnya.

Oleh sebab itu, ia mempertanyakan bagaimana bisa Megawati menghambat upaya Demokrat berkoalisi dengan pendukung Jokowi. "Kami tegaskan kembali, kami tidak mempersoalkan bila Demokrat gabung dengan Pak Jokowi," ungkapnya.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up