alexametrics

IYCTC Minta Perkuat Aturan Pengendalian Zat Adiktif Produk Tembakau

27 Mei 2022, 19:35:16 WIB

JawaPos.com – Indonesian Youth Council for Tobacco Control (IYCTC) menyelenggarakan kegiatan Indonesian Youth Summit on Tobacco Control 2022 yang dihadiri ratusan peserta dari 65 organisasi di 31 kabupaten kota.

Dalam kegiatan ini, IYCTC bersama peserta yang hadir menyepakati sejumlah rekomendasi, diantaranya mendorong pemerintah memperkuat peraturan pengendalian zat adiktif produk tembakau.

“Hal itu untuk menurunkan jumlah prevalensi perokok anak di Indonesia dan melindungi anak muda dari manipulatif industri rokok. Serta meminta pertanggungjawaban industri rokok atas dampak kesehatan dan lingkungan yang ditimbulkan rokok konvensional dan rokok elektronik,” ujar Perwakilan IYCTC, Ismi Sultan dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Jumat, (27/5).

Lebih lanjut Ismi mengatakan, latarbelakang digelarnya kegiatan ini karena keresahan IYCTC akibat ditargetkannya kaum muda untuk menjadi replacement smoker guna menjaga keberlangsungan bisnis industri rokok.

“Padahal, konsumsi rokok telah lama diketahui memberi dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Selain itu, industri rokok juga menimbulkan dampak lingkungan dan merusak ekosistem,” tuturnya.

Ismi menjelaskan, dalam kegiatan IYSTC 2022 menyepakati beberapa poin rekomendasi terhadap pemerintah dan publik. Untuk pemerintah, pihaknya meminta agar memprioritaskan kesehatan masyarakat dan lingkungan, khususnya kaum muda agar bebas dari adiksi rokok konvensional maupun elektronik.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads