alexametrics

Soal Pertemuan Prabowo dan Jokowi, LBP: Bolanya Ada di Sana

27 Mei 2019, 19:43:54 WIB

JawaPos.com – Rencana pertemuan antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto masih terus digodok. Komunikasi soal waktu dan tempat pertemuan keduanya sudah diawali dengan pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Sudah ada komunikasi lewat Pak JK, jadi sudah jalan komunikasinya,” ucap Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (LBP) usai menghadap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (27/5).

Luhut yang juga mantan Danjen Kopassus TNI AD, menyebut pertemuan Jokowi dengan Prabowo hanya tinggal masalah waktunya saja.

“Kalau ada waktunya yang pas kenapa tidak. Pak jokowi kan sudah beri tahu kepada siapa saja beliau siap bertemu. Gak ada masalah kalau itu sih. Bolanya ada di sana sih (Prabowo-red),” ujarnya.

Sebelumnya, Luhut juga mengklaim dirinya masih berkomunikasi dengan Prabowo agar pertemuan dengan Jokowi bisa terealisasi. Namun, ia menolak membuka komunikasi dengan mantan Danjen Kopassus itu. Luhut hanya menyatakan Jokowi dan Prabowo adalah temannya.

“Ya, ya, kan teman-teman saya juga semuanya,” tuturnya.

Luhut sempat diminta Jokowi untuk membuka komunikasi dengan Prabowo usai pencoblosan 17 April lalu. Luhut ketika itu hampir bertemu dengan Prabowo, namun batal lantaran Ketua Umum Gerindra itu sakit.

Seiring berjalannya waktu, pertemuan Jokowi dan Prabowo belum juga terjadi sampai hari ini. Terbaru, JK telah bertemu dengan Prabowo pada Kamis (23/5) lalu. Pertemuan tersebut berdasarkan inisiatif Jokowi dan JK.

Namun, setelah pertemuan dengan JK itu belum diketahui kapan perjumpaan Jokowi dan Prabowo dilakukan. Jokowi sendiri belum mengetahui kapan pertemuan dengan Prabowo bisa terealisasi.

Menurut Jokowi, keinginan dirinya bertemu Prabowo adalah untuk mendinginkan suasana usai Pilpres 2019. Jokowi menyebut pertemuan dengan Prabowo juga akan dilihat baik oleh masyarakat luas.

“Dilihat baik oleh masyarakat, akan dilihat baik oleh rakyat. Mendinginkan suasana, bahwa elite-elite politik rukun-rukun saja. Enggak ada masalah,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5).

Menurut Jokowi, poin tersebut yang paling penting bila dirinya bisa berjumpa dengan Prabowo. Mantan wali kota Solo itu mengatakan bila hubungan elite politik rukun dan baik, maka kondisi di masyarakat akan sejuk.

“Saya kira paling penting itu. Kalau elitenya rukun, baik-baik saja, di bawah akan dingin, akan sejuk,” ujarnya.

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads