alexametrics

Reaksi DPR Saat MUI Wacanakan Bentuk Fraksi

27 April 2017, 15:40:43 WIB

JawaPos.com – Demi menjamin dan menampung aspirasi umat Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana membuat fraksi sendiri di DPR. Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong mengaku tidak mendukung adanya Fraksi MUI di DPR. Sebab fungsi DPR juga adalah menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Jadi biarlah MUI mengurus umat, sedangkan politik yang urus DPR,” ujar Ali saat dikonfirmasi, Kamis (27/4).

Kendati demikian politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku tujuan yang diwacanakan oleh MUI adalah baik. Karena ingin memperjuangkan aspirasi umat Islam. Namun fungsi DPR juga sama tugasnya memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sehingga tidak perlu lagi ada Fraksi MUI.

“Mengerti ini adalah bagian dari kegelisahan umat yang melihat perkembangan hukum tidak memberikan rasa nyaman,” katanya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas mengaku, pihaknya berencana membentuk Fraksi MUI di DPR. Itu dilakukan agar semua produk UU yang dihasilkan oleh DPR bisa sejalan dengan umat Islam, atau kepentingan masyarakat banyak.

Selain itu, Fraksi MUI itu juga akan meperjuangkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Sehingga dalam setiap keputusannya selalu menjunjung tinggi nilai‎-nilai tersebut.

Jika rencana itu terealisasi, MUI akan mengajak para anggota partai politik yang duduk di DPR bisa bergabung dengan Fraksi MUI.(cr2/JPG)

Editor : Mohamad Nur Asikin


Close Ads
Reaksi DPR Saat MUI Wacanakan Bentuk Fraksi