JawaPos Radar

Bersaing Ketat

Prabowo-Sandi Unggul di Sumatera, Jokowi-Ma'ruf Kuasai Jawa

26/08/2018, 15:28 WIB | Editor: Kuswandi
Hasanuddin Ali
Founder Alvara Reasearch Center (ARC) Hasanuddin Ali, saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Minggu (26/8) (Igman/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Provinsi Jawa dan Sumatera bisa jadi bakal disasar bakal calon presiden dan wakil presiden di pilpres 2019 mendatang. Pasalnya, kedua provinsi itu merupakan provinsi yang menyumbang lumbung suara nasional.

Founder ARC Hasanuddin Ali menyebutkan, penguasaan suara di kedua provinsi itu dapat menjadi salah satu aspek yang menentukan kemenangan di pilpres 2019. Dalam temuannya, baik Prabowo-Sandi maupun Jokowi-Ma'ruf saling memegang kunci suara di salah satu provinsi tersebut.

Di Sumatera, pasangan Prabowo-Sandi berhasil memenangkan suara dengan perolehan 48,9 persen, sedangkan rivalnya, Jokowi-Ma'ruf hanya mendapatkan 41 persen suara. Sementara itu yang tidak memilih sebesar 10,2 persen.

"Pemilih Jasuma (Jawa-Sumatera) ini pemilih paling besar," ujar Hasanuddin di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Munggu (26/8).

Di samping itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di pulau Jawa. Keunggulan petahana itu memang meyakinkan. Pasalnya, mereka unggul jauh dari rivalnya, Prabowo-Sandiaga.

"Kalau di Jawa Pak Jokowi-Ma'ruf Amin 61,7 persen, Pak Prabowo-Sandi 27,5 persen, dan yang belum memutuskan pilihan 10,9 persen," jelasnya.

ARC melakukan survei pada 12-18 Agustus 2018. Riset menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan 1500 responden berusia 17 tahun ke atas. Sampel diambil di seluruh provinsi Indonesia. Margin of error 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up