alexametrics

‎Isu Keretakan Koalisi Jokowi-Ma’ruf, TKN: Kami Solid

26 Juli 2019, 16:15:57 WIB

JawaPos.com – Isu keretakan koalisi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin makin santer terdengar. Hal ini karena adanya pertemuan empat ketua umum tanpa adanya‎ Megawati Soekarnoputri selaku pucuk pimpinan di PDIP. Namun, kabar tersebut langsung dibantah  Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Ahmad Rofiq.

Dia menegaskan partai koalisi tetap solid. Adanya pertemuan-pertemuan politik itu dalam rangka melakukan soliditas koalisi. “Bahwa ada pertemuan di sana sini, ini bagian dari menguatkan koalisi ke depan. Saling berbagi tugas agar semua agenda berjalan dengan baik,” ujar Rofiq saat dihubungi, Jumat (26/7).

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini menambakan, adanya perbedaan pandangan juga tidak ada di koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Sehingga koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin terus kompak dan solid mendukung pemerintahan lima tahun ke depan.

“Tidak ada perbedaan, yang ada adalah melakukan konsolidasi koalisi agar semakin kuat dan semakin terorganisir dengan baik. Sehingga perjalanan pemerintah berjalan lancar,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PKPI, Verry Surya Hendrawan mengatakan walaupun TKN akan segara dibubarkan. Namun tidak mengurangi soliditas partai koalisi. Menurut Verry, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan terus ada. Tidak dibubarkan. Sehingga sepuluh partai koalisi bisa terus bersinergi untuk mengawal jalannya pemerintahan.

“Kami memiliki napas perjuangan yang seirama. Selama hampir satu tahun bersama-sama di TKN, semakin menguatkan hubungan politis-profesional-individual sepuluh partai,” kata Verry.

Sepuluh partai koalisi akan kompak membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Sehingga isu yang menyebutkan koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin retak hanyalah isapan jempol.

“Kami meyakini sepenuhnya bahwa soliditas ini, akan terus membawa kebaikan untuk bangsa dan negara tercinta, Indonesia,” ungkapnya.

Sekadar informasi, pada Senin (22/7) malam, empat ketua umum melakukan pertemuan politik. Itu terdiri dari Surya Paloh dari Nasdem, Airlangga Hartarto dari Golkar, Suharso Monoarfa di PPP dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari PKB. Dari pertemuan tertutup tersebut duhasilkan bahwa koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin untuk terus solid dan kompak supaya bisa mengawal pemerintahan selama lima tahun ke depan.

Selang dua hari, Rabu (24/7), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dari pertemuan dua tokoh ini menghasilkan usai hajatan Pilpres 2019 masyarakat harus kembali guyub dan bersatu. Adanya perbedaan pandangan tidak dijadikan sebagai permusuhan.

Namun pertemuan dua tokoh ini banyak yang berspekulasi, Partai Gerindra akan merapat ke koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Sehingga meminta restu dari Megawati Soekarnoputri.‎

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads