Harga Minyak Dunia Naik, Bamsoet Khawatirkan Imbasnya ke Tarif Listrik

26/05/2018, 05:14 WIB | Editor: Imam Solehudin
Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku khawatir dengan dampak dari tingginya harga minyak per barel. (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo memberi perhatian khusus terhadap kenaikan harga minyak dunia yang sudah mencapai USD 100 per barel. Bamsoet-sapaannya- khawatir kenaikan harga minyak dunia segera berimbas ke berbagai sektor perekonomian di dalam negeri.

Menurutnya, harus ada antisipasi atas kenaikan harga minyak dunia.

“Agar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama PT Pertamina segera mengkaji serta mencari solusi yang tepat, guna mengantisipasi kenaikan harga minyak mentah dunia,” ujarnya di Jakarta, jumat (25/5).

Bamsoet juga menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) perlu segera mencermati kenaikan harga minyak dunia.

Politikus berlatar belakang wartawan itu mengaku waswas terhadap kenaikan harga minyak dunia. Terutama terkait imbasnya kepada kenaikan daya beli masyarakat di dalam negeri.

“Mendorong Kemenkeu untuk melakukan evaluasi atas kebijakan yang akan dibuat, oleh Kementerian ESDM agar tidak berdampak pada penurunan daya beli masyarakat,” cetusnya.

Untuk itu, Bamsoet juga meminta Kementerian ESDM dan PT PLN mengkaji efek kenaikan harga minyak dunia terhadap tarif dasar listrik (TDL). “Karena berpotensi mengalami kenaikan,” ulasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengkaji dampak kenaikan biaya produksi terhadap harga jual produk-produk industri.

“Termasuk kebutuhan sembilan bahan pokok,” pungkasnya.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi