alexametrics

Zulhas Rangkul Hanafi Rais sebagai Waketum PAN

26 Maret 2020, 17:12:12 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara resmi mengumumkan struktur baru DPP PAN periode 2020–2025 kemarin (25/3). Mereka terdiri atas 66 orang. Komposisi hasil Kongres V PAN di Kendari itu sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) pada 2 Maret.

”Jadi, struktur ini sudah resmi,” kata Zulkifli Hasan di kantor DPP PAN Jalan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Ketua dewan kehormatan dijabat Soetrisno Bachir. Hatta Rajasa menduduki jabatan ketua majelis penasihat partai (MPP). Dewan mahkamah partai dipimpin Ali Taher Parasong. Lalu, Dradjad Wibowo yang juga mantan calon ketua umum dalam kongres didapuk sebagai ketua dewan pakar.

Seperti diprediksi, Amien Rais benar-benar tidak masuk struktur DPP PAN. Padahal, di periode sebelumnya, dia menjabat ketua dewan kehormatan. Meski demikian, dua putra Amien Rais ditarik menjadi pengurus DPP. Selain Hanafi Rais, Mumtaz Rais ditarik menjadi salah satu ketua DPP PAN.

Bendahara Umum PAN Totok Daryanto membantah bahwa Amien Rais tidak lagi dibutuhkan di PAN. Menurut dia, Amien tetap sebagai sosok penting di partai. ”Posisi Pak Amien tetap tidak tergantikan. Sebagai pendiri partai, nama beliau sudah menyatu dengan PAN,” ujar Totok.

Dirangkulnya Hanafi Rais dan Mumtaz Rais adalah wujud regenerasi Amien Rais dalam tubuh PAN. Adapun tidak masuknya Mulfachri Harahap dalam struktur PAN adalah bagian dari fatsun politik. ”Masak dia, kan tidak mungkin. Saya kira itu bagian dari risiko politik. Dan itu sehat,” ujarnya.

Totok mengeklaim komposisi periode 2020–2025 menggambarkan kebaruan di tubuh PAN. Sebab, banyak kader muda yang masuk struktur. Salah satunya Zita Anjani. Perempuan 30 tahun itu adalah wakil ketua DPRD DKI Jakarta yang menjabat ketua DPP PAN. Kader muda lainnya yang masuk pengurus adalah Farah Puteri Nahlia. Dara berusia 24 tahun itu adalah salah seorang anggota DPR dari kalangan milenial. ”Kami sangat optimistis dengan komposisi pengurus PAN ke depan,” tambah Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto.

Di sisi lain, kemarin seharusnya menjadi momen pelantikan pengurus baru PAN sekaligus rapat kerja nasional (rakernas) I. Namun, karena wabah Covid-19 masih merebak, agenda itu pun ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mar/c10/fat



Close Ads