alexametrics

Pelibatan Menteri dalam Kampanye Dinilai Timbulkan Konflik Kepentingan

26 Maret 2019, 09:38:12 WIB

JawaPos.com – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fadli Zon mengkritik pelibatan menteri kabinet kerja dalam kegiatan kampanye terbuka pasangan petahana, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Menurutnya, hal ini bisa menimbulkan konflik kepentingan.

“Menurut saya ini yang bisa menjadi conflic of Interest, konflik kepentingan, jadi mereka seharusnya menjadi pihak yang netral, jelas sekali, dan harusnya berkonsentrasi pada tugas-tugasnya sebagai menteri,” kata Fadli di komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (25/3).

Selain itu Fadli pun menyinggung pernyataan Jokowi yang pernah menyebut Menteri sebaiknya tidak berpolitik. Dengan melibatkan Menteri dalam kampanye sama saja dengan mengingkari ucapan tersebut.

“Harusnya mereka tak ikut ya, menjadi jurkam (juru kampanye). Karena itu jadi konflik kepentingan terkait tugas-tugas mereka,” imbuhnya.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai, menentukan pilihan memang hak setiap orang, termasuk Menteri. Namun, ketika Menteri dilibatkan kampanye, akan sulit dibedakan antara tugasnya sebagai pembantu Presiden dengan tugasnya sebagai tim sukses.

“Misalnya mereka membagi satu program, misalnya PKH, atau program lain, lalu dia jadi jurkam, nah ini kan jadi menimbulkan konflik kepentingan, dia sebagai menteri atau jurkam?” Jelas Fadli.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Pelibatan Menteri dalam Kampanye Dinilai Timbulkan Konflik Kepentingan