alexametrics

Ma’ruf Amin: Kampanye Jangan yang Seram, Ini Kontestasi Bukan Perang

26 Maret 2019, 09:52:07 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin meminta kepada semua pihak agar tidak melakukan kampanye terbuka dengan menyampaikan hal-hal yang menebar ketakutan. Selain itu, dia juga berharap tidak ada penyebaran hoaks atau ujaran kebencian.

“Kampanye jangan seram-seram kita ini kontestasi bukan perang. Makanya isu-isu yang seperti fitnah, seperti orang yang mau perang saya kira itu dihindari,” ujar Ma’ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

Pernyataan ini sendiri merupakan bentuk respon terhadap ajakan Capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) yang meminta hal serupa saat kampanye terbuka di Serang, Minggu (24/3). Menurut Jokowi pesta demokrasi harus diisi dengan kegembiraan.

Oleh sebab itu, Ma’ruf berharap agar masyakat tetap menjaga kedamaian pada saat pencoblosan yang akan digelar pada 17 April mendatang. Karena itu, dia meminta agar lawan politiknya tidak melakukan provokasi kepada masyarakat.

“Jangan kita diprovokasi seperti perang, sering dalam pidato saya bahwa Pilpres bukan perang tapi kontestasi. Tidak boleh merusak kesatuan kita, persaudaraan kita sesama bangsa,” kata Mantan Rais Aam PBNU ini.

Ma’ruf menerangkan, dalam kontestasi pemilu setiap kubu memang menginginkan kemenangan. Hal itu memang sesuatu yang wajar, dengan catatan tidak menghalalkan segala cara, apalagi yang bisa berdampak pada terpecahnya keutuhan bangsa.

“Karena itu jangan menggunakan cara yang bisa memecah bangsa. Tapi masing-masing menyampaikan program, mengajak rakyat untuk memilih. Kita masing- masing kita tawarkan program-program kita ke depan juga, tentu juga jejak kita pada masa yang lalu,” jelasnya.

Dengan maraknya hoaks dan fitnah, Ma’ruf dan Jokowi kini juga sudah menyatakan bahwa akan melawannya. Sebab jika dibiarkan akan semakin banyak masyarakat yang terprovokasi.

“Sebab kalau tidak (dilawan) akan banyak orang terprovokasi. Pak Jokowi juga sudah mulai mengatakan ‘saya sekarang melawan’. Memang kita harus melawan, kemudian jangan rakyat terprovokasi dengan orang-orang yang mempengaruhi untuk tidak ke TPS ,” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Ma'ruf Amin: Kampanye Jangan yang Seram, Ini Kontestasi Bukan Perang