alexametrics
Pilpres 2019

Ikut Kampanye Tanpa Izin Cuti, Bawaslu Putuskan Menteri Eko Bersalah

26 Maret 2019, 19:29:23 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo bersalah, karena melakukan pelanggaran kampanye pemilu‎.

“Menyatakan terlapor terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran pemilu,” ujar Ketua Bawaslu ‎Abhan, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (26/3).

Karena itu, Abhan menyatakan, pembantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini bersalah dan mendapakan sanksi jangan melakukan lagi kesalahannya ikut dan hadir dalam deklarasi tanpa mengajukan cuti.

“Mengingatan agar terlapor agar tidak mengulangi perbuatannya yang terlibat dalam kegiatan kampanye tanpa keputusan cuti kampanye,” katanya.

Sementara ini, Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan Eko Putro Sandjojo bersalah karena tidak melakukan cuti tidak kampanye saat deklarasi Fotum Satu Nusantara untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di Kendari, Sulawe‎si Tenggara, beberapa waktu lalu.

“Jadi terlapor tidak memiliki izin cuti dan mengikuti kegiatan deklarasi Jokowi-Ma’ruf. Maka terlappr melakukan pelanggaran administrasi pemilu,” ungkapnya.

Adapun keputusan bersalah politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini merujuk Pasal 281 ayat 1 huruf b UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

Sekadar informasi, ‎kasus Menteri Eko ini bermula dari kegiatan kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini di Kendari pada 22 Februari 2019. Kampanye tersebut dihadiri oleh Ketua TKN Erick Tohir, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo.

Dalam acara itu, Eko bersama dengan Erick Thohir dan Muhaimin Iskandar mengacungkan jari telunjuk sebagai bentuk dukungan kepada Jokowi. ‎

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor :

Ikut Kampanye Tanpa Izin Cuti, Bawaslu Putuskan Menteri Eko Bersalah