alexametrics

PAN Tetap Berikan Posisi Khusus untuk Amien Rais

26 Februari 2020, 14:05:52 WIB

JawaPos.com – Amien Rais akan tetap mendapatkan posisi di Partai Amanat Nasional (PAN). Walaupun, Zulkifli Hasan terpilih lagi sebagai ketua umum PAN periode 2020-2025.

Politikus PAN, Yandri Susanto‎ mengatakan Amien Rais sudah melekat dan ketokohannya tidak bisa digantikan oleh orang lain. “Kalau Pak Amien itu bagi partai dia posisinya enggak tergantikan. Dia tokoh sentral, pendiri, jadi dia tetap yang tertinggi kalau di partai,” ujar Yandri kepada wartawan, Rabu (25/2).

Adapun setelah Kongres PAN selesai digelar, ‎Amien Rais belum mendapatkan jabatan apapu. Karena struktur kepengurusan PAN ini belum terbentuk.

Yandri mengatakan sampai saat ini tidak ada yang bisa mengantikan Amien Rais di partai berlogo matahari ini. Siapapun orangnya tetap tidak ada yang bisa mengantikan Amien Rais. “Jadi Pak Amien ini memang siapa mau gantikan Pak Amien?” katanya.

Oleh sebab itu Yandri menduga Amien Rais dalam struktur kepengurusan PAN nanti akan diberikan jabatan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. “Tapi, kalau posisi di PAN, ya Pak Amien tetap yang tertinggi, siapa mau gantikan Pak Amien? Dia pendiri, dia tokoh sentral,” ungkapnya.

Selain ini Yandri mengatakan dirinya telah mendapatkan informasi bahwa PAN akan menyerahkan struktur kepengrusan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada pekan ini. “Mudah-mudahan Minggu ini. Tapi, kita lihat perkembangan dulu,” pungkasnya.

Diketahui Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Kemenangan Zulhas ini melalui mekanisme voting yang digelar di Kendari Sulawesi Utara. Zulhas ini menang dari dua rivalnya Mulfachri Harahab dan Drajad Wibowo.

Dalam mekanisme voting tersebut, Zulkifli Hasan mendapatkan suara 331. Sementara Mulfachri Harahab mendapatkan 225 suara. Kemudian kontestan Drajad Wibowo mendapatkan enam suara. Suara tidak sah berjumlah tiga suara. Total suara dalam hajatan akbar ini berjumlah 565 suara.

Adapun jumlah suara yang memilih 563 dari jumlah total permilih 590 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), 514 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Ketua Umum, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Bendahara Umum PAN, serta dari sejumlah organisasi sayap partai berlambang matahari terbit itu.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads