alexametrics

PCR Jadi Syarat Terbang, Komisi IX DPR Minta Negara Tak Diskriminatif

25 Oktober 2021, 13:56:47 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah menjelaskan dasar penetapan kebijakan diwajibkannya test reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) kepada calon penumpang pesawat di dalam negeri.

“Apakah sudah dilakukan penelitian sampling terkait mobilitas masyarakat melalui udara dengan peningkatan kasus positif? Ini penting agar masyarakat tahu bahwa kebijakan tersebut dibuat berdasarkan hasil penelitian ilmiah,” ujar Netty kepada wartawan, Senin (25/10).

Menurut Netty, kebijakan ini terkait dengan ide pelonggaran mobilitas namun harus tetap terpantau agar tidak kebobolan.

“Saat ini angka kasus sudah menurun, PPKM sudah dilonggarkan, namun tetap harus dipantau agar tidak bablas. Nah, bagaimana caranya? Mengapa harus dengan tes PCR yang berbiaya tinggi?” tanya Netty.

Netty juga mengingatkan bahwa kebijakan tersebut jangan sampai diskriminatif. Pasalnya mengapa hanya transportasi udara sementara transportasi lainnya juga menimbulkan kerumunan.

“Perlu konsistensi antara prasyarat angkutan darat, laut dan udara terkait screening method karena esensinya sama dan seharusnya tidak berbeda alat,” ungkapnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads