alexametrics

Ini Detik-detik KPK Bekuk Bupati Cirebon Sunjaya di Pendopo

25 Oktober 2018, 22:13:49 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan dan penerimaan gratifikasi proyek di Pemkab Cirebon.

Selain Sunjaya, KPK juga menjerat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto. Gatot ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap jual beli jabatan.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dengan menetapkan dua orang sebagai tersangka yaktu diduga sebagai penerima SUN, Bupati Cirebon dan diduga sebagai pemberi GAR Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon,” ucap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK, Kamis (25/10).

Alex pun membeberkan kronologi penangkapan Sunjaya pada Rabu, 24 Oktober 2018. Sebelumnya, tim KPK menerima informasi akan terjadi transaksi suap jual beli jabatan dan gratifikasi kepada Sunjaya.  Kemudian, tim penyidik menuju kediaman ajudan Sunjaya berinisial DS dan mengamankan uang Rp 116 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

“Tim juga mendapatkan bukti setoran ke rekening penampungan milik Bupati yang diatasnamakan orang lain senilai Rp 6.425.000.000,” tambahnya.

Setelah itu, sekitar pukul 16.30 WIB, tim penindakan KPK menuju kediaman Gatot dan menangkapnya. Secara paralel, tim juga mengamankan Sunjaya dan ajudannya yang berinisial N dikantor pendopo Bupati.

“Tim juga kemudian mengamankan Kabid Mutasi berinisial SD. Kemudian, pukul 17.30 WIB, Kepala BKPSDM berinisial SP tiba di kantor Bupati dan diamankan tim,” pungkasnya lagi.

Pada akhirnya, tim penindakan membawa mereka yang diamankan ke Gedung KPK. Dan juga Sekretaris Sunjaya berinisial S mendatangi Gedung KPK dan membawa uang Rp 296.965.000 dan menyerahkan kepada KPK.

“Hari ini, Kamis (25/10), sekitar pukul 15.30 WIB, sekretaris Sunjaya berinisial S mendatangi Gedung KPK dan membawa uang Rp 296.965.000 dan menyerahkan kepada KPK,” tutup Alex.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (ipp/JPC)


Close Ads
Ini Detik-detik KPK Bekuk Bupati Cirebon Sunjaya di Pendopo