JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jika Tiru Caleg Golkar, PDIP Akan Copot Keanggotaan Kadernya

25 September 2018, 14:40:44 WIB | Editor: Kuswandi
Pilpres 2019
Ilustrasi: Pilpres 2019 (Koko/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Adanya sejumlah caleg Partai Golkar yang memutuskan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandi Salahuddin Uno menjadi polemik. Sebab keputusan tersebut bertentangan dengan kehendak partai.

Sebaliknya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah memastikan jika kader partainya tidak ada yang membelot seperti caleg Golkar tersebut. Semuanya solid mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Ia pun berharap situasi ini dapat terus bertahan hingga gelaran pemilu rampung. Hal ini sebagai upaya pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Mudah-mudahan konsistensi ini akan terus kami jaga sampai pemilu presiden selesai bulan April tahun depan," ujar Basarah di Museum Kebangkitan Nasional, Senin, Jakarta Pusat, Selasa (25/9).

Namum jika ada kadernya yang memutuskan mengikuti jejak sejumlah caleg Golkar mendukung Prabowo-Sandi, maka sanksi tegas akan menanti mereka.

"Sanksi mulai dari pencopotan jabatan struktural, pencopotan dari jabatan sturktural di DPRD kabupaten kota provinsi maupun RI, sampai pencabutan status keanggotaan itu aturan main yang berlaku di internal PDIP," tegas Basarah.

Di sisi lain, juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) itu melihat fenomena caleg Golkar ini sebatas dinamika politik. Hal ini juga dipengaruhi karena demokrasi terbuka yang saat ini dijalankan oleh Indonesia.

"Dinamika itu selalu ada itulah konsekuensi demokrasi liberal yang kita praktikkan sekarang ini, setiap orang memiliki hak dan kebebasan untuk berpikir bertindak dan melakukan perbuatan politik apapun," pungkas Basarah.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up