alexametrics

Ziarah di Makam Sunan Ampel, AHY Diserbu Ribuan Warga

25 April 2022, 00:41:26 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Putra sulung presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu datang dengan mengenakan kemeja hitam berbalut rompi putih, bersarung dan berpeci hitam.

Kehadiran AHY pada malam tanggal 21 Ramadhan atau yang populer disebut Selikuran pun langsung disambut oleh banyak warga. Mereka sampai berdesakan dan berebutan bersalaman dengan AHY di sepanjang jalan sempit menuju Makam Sunan Ampel. Diketahui, selikuran adalah salah satu malam yang ditunggu, sehingga ribuan peziarah dari Surabaya dan sekitarnya berduyun-duyun memenuhi kompleks Makam dan Masjid Agung Sunan Ampel.

AHY pun satu per satu menyalami warga dan melayani permintaan pengunjung untuk swafoto. Saat itu ia hadiri didampingi Wagub Emil Dardak yang sore harinya baru saja dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, menggantikan Soekarwo, mantan Gubernur Jatim dua periode.

Saat di lokasi, AHY disambut lima Takmir Masjid Agung Sunan Ampel, yang rata-rata berusia 30-an dan merupakan keturunan generasi ke-16 dari keluarga masing-masing yang diberi amanah untuk mengurus Masjid bersejarah ini.

Di makam, para Takmir Masjid ini bergantian memimpin zikir dan doa bagi Mbah Sunan Ampel serta para Kyai yang sudah mendahului. Makam Sunan Ampel ini baru dipugar tahun lalu, mengingat usianya yang sudah 545 tahun.

Usai ziarah, AHY menyerahkan 500 paket sembako bagi para sukarelawan pengurus Masjid maupun warga setempat yang membutuhkan. Selain itu, 1.000 kotak makanan sahur juga diberikan pada para peziarah.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini: