alexametrics

Cak Imin Minta Warga Manfaatkan Hari Raya Nyepi Untuk Cegah COVID-19

25 Maret 2020, 16:14:28 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar meminta momen Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu bisa digunakan masyarakat sebagai waktu membatasi diri untuk aktivitas di luar rumah. Terlebih saat ini tengah mewabah virus korona jenis baru (COVID-19).

“Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata menjadi momen spiritual, rohani dan jasmani, ketika kita semua penuduk bumi dihantui wabah virus korona,” ujar Cak Imin sapaan akrab Muhaimin kepad wartawan, Rabu (25/3).

Wakil Ketua DPR RI itu menjelaskan, Catur Brata berarti amati geni (tiada berapi-api atau tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Dengan melaksanakan Hari Raya Nyepi, maka semua masyarakat Indonesia menjalankan arahan pemerintah dan WHO untuk melakukan isolasi diri, jaga jarak (social distancing), serta mencintai lingkungan dan bumi.

“PKB mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut Nyepi. Isolasi diri, jaga jarak, mari kita sama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi COVI-19 ini,” jelasnya.

Cak Imin menilai Nyepi juga bisa memabawa manfaat yang baik bagi kehidupan. “Dengan Nyepi, kita melakukan refleksi diri, melakukan jeda, atau dalam bahasa digital semacam restart. Agar selanjutnya kehidupan ini menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Berkurangnya aktivitas saat perayaan Nyepi, kata Cak Imin, sangatlah bermanfaat dan sejalan dengan anjuran pemerintah yang sedang gencar melakukan kampanye melawan korona.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads