alexametrics

Jokowi Janjikan 3 Kartu Sakti, Timses Prabowo: Kemarin ke Mana Saja?

25 Februari 2019, 15:07:50 WIB

JawaPos.com – Capres 01 Joko Widodo memberikan 3 janji baru berupa 3 kartu sakti kepada masyarakat Indonesia jika dirinya kembali menjadi Presiden di periode kedua. Janji itu yaitu mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Prakerja untuk pelatihan vokasi.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Hidayat Nur Wahid mengatakan, sebagai calon petahana seharusnya Jokowi memberikan janji kampanye yang lebih elegan. Menurutnya, Jokowi tidak hanya berjanji berdasarkan APBN di tahun terakhir sebagai presiden.

“Harusnya petahana mencontohkan, namanya juga petahana harusnya lebih elegan dalam melakukan kampanye,” kata HNW di Kompleks DPR RI, Senayan, Senin (25/2).

“Kalaupun memberikan janji-janji dan memberikan ya itu namanya juga kampanye boleh saja, tapi sebaiknya jangan lah janji-janji itu berbasiskan kepada hanya merujuk pada anggaran belanja yang dilakukan pada tahun terakhir,” imbuhnya.

HNW menilai, 3 janji baru tersebut seharusnya sudah dilaksanakan Jokowi di periode pertamanya memimpin. Sebab, aspek pendidikan dan kesejahteraan masyarakat menjadi program yang selalu dimunculkan saat berkampanye.

“(Tiga kartu itu) harusnya sudah muncul di tahun kedua pemerintahan di setiap presiden. Karena itulah pasti kampanye yang disampaikan pada waktu sebelumnya. Tapi kalau itu dimunculkan pada saat kampanye, kemarin ngapain saja? Bukannya selama empat tahun sudah diberikan kuasa kok baru sekarang dimunculkan?” sambungnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS itu menilai bahwa setiap kandidat berhak menawarkan janji-janji kepada rakyat. Selama tidak ada paksaan kepada rakyat untuk memilihnya dengan program yang sudah ditawarkan.

“Kalau namanya menawarkan ya orang boleh menawarkan, mengampanyekan. Tapi kalau itu dilakukan dengan mengirimkan begitu banyak orang, membawa pesan katanya kemudian melakukan pesan dengan cara-cara agak pemaksaan, dan kemudian ada beragam masalah di sana,” tandas HNW.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Jokowi Janjikan 3 Kartu Sakti, Timses Prabowo: Kemarin ke Mana Saja?