Kebuntuan Politik Malaysia Berakhir, Anwar Ibrahim Dilantik Sore Ini

24 November 2022, 14:18:07 WIB

JawaPos.com – Pemilu Malaysia 2022 akhirnya menghasilkan keputusan setelah berhari-hari tanpa hasil yang jelas. Anwar Ibrahim ditetapkan sebagai Perdana Menteri. Ia akan dilantik dan diambil sumpahnya pada pukul 17.00 waktu Malaysia.

Raja mengatakan, dirinya puas bahwa Anwar dan koalisi Pakatan Harapannya telah mendapatkan dukungan yang cukup dari sesama wakil terpilih. Sekutu Anwar, Partai Aksi Demokratik, sebelumnya berusaha untuk meredam saingannya di Sarawak.

Raja Malaysia mengadakan pertemuan khusus dengan kepala sembilan keluarga kerajaan pada hari Kamis, (24/11) pada hari kelima dari kebuntuan politik pasca pemilu. Hasil pemilu menyebabkan keputusan yang menggantung karena tak ada partai yang menang mutlak 50 persen kursi.

Aliansi Pakatan Harapan (PH) pemimpin oposisi reformis lama Anwar Ibrahim dan koalisi Perikatan Nasional (PH) Melayu-Muslim yang dipimpin oleh nasionalis Melayu Muhyiddin Yassin muncul sebagai dua blok terbesar.

Raja konstitusional Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengadakan pertemuan untuk meminta pandangan sesama sultan dan membantunya dalam membuat keputusan tentang perebutan kepemimpinan.

“Ini demi kepentingan dan kesejahteraan bangsa dan rakyat,” kata Raja seperti dilansir dari South China Morning Post, Kamis (24/11).

“Setelah melalui pandangan penguasa Melayu lainnya, HRH telah memberikan persetujuannya untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia,” kata istana dalam sebuah pernyataan.

Sejauh ini belum ada reaksi dari kubu Muhyiddin. Pihak istana meminta masing-masing pendukung untuk menahan diri dari euforia.

Editor : Eko D. Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads