alexametrics

Di Medan, AHY: Pilih Pemimpin yang Amanah dan Pro Rakyat

24 November 2020, 16:56:06 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak warga kota Medan untuk memilih pemimpin yang amanah dan pro rakyat dalam Pilkada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Medan salah satu kota besar di Indonesia dan jadi salah satu barometer politik di tanah air. Masyarakatnya sangat dinamis dan beragam,” kata AHY dalam acara temu media yang dihadiri secara terbatas di Medan, Senin (23/11).

Karena itu, lanjut AHY, tentu saja tantangannya besar, sebab dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu berpikir besar, berjiwa besar dan sanggup melakukan terobosan besar. Hal itu sebagai modal solusi atas persoalan-persoalan warga Kota Medan.

Diketahui, AHY tiba di Medan dari Padang, sebelumnya dari Jambi dan Tangerang Selatan. “Gerilya politik” ini dalam rangka kampanye Pilkada serentak 2020, meskipun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Di Medan, AHY menemui paslon Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi yang sedang bertarung di Pilkada Walikota Medan. Dalam sambutannya, ia memuji pasangan calon nomor urut satu ini.

“Pasangan Akhyar-Salman ini saling melengkapi. Akhyar lulusan insinyur dari USU Medan, juga berpengalaman sewaktu menjadi Wakil Wali Kota Medan periode 2016-2021 serta kemudian Plt. Wali Kota Medan,” ujarnya.

Sedangkan, Salman lulusan Islamic University of Madinah Saudi Arabia, Jurusan Dakwah dan Ushuluddin juga Universitas Kebangsaan Malaysia, Jurusan Dakwah dan Kepemimpinan, juga pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara.

“Kombinasi antara birokrasi, eksekutif dan legislatif ini adalah super combo, pasangan yang baik dan saling melengkapi,” kata AHY.

AHY juga menyinggung slogan Aman yang dipakai paslon dari gabungan akronim nama Akhyar dan Salman, “Saya merasa AMAN itu menggambarkan banyak hal. Jadi kalau mau AMAN, pesan saya aman kan TPS, aman kan suara, untuk aman kan Kota Medan,” seru AHY, disambut tepuk tangan para hadirin.

Pada para kader Demokrat, Ketum AHY meminta secara khusus. Partai Demokrat pernah berjaya dan menjadi yang terbesar di Medan maupun Sumatera Utara. Tokoh-tokoh masyarakat Medan serta Sumatera Utara yang bertemu dengannya menitipkan pesan untuk membesarkan kembali Partai Demokrat, baik di Medan, Sumatera Utara, maupun Indonesia.

“Para tokoh masyarakat ini ingin kontribusi Partai Demokrat semakin besar untuk masyarakat Medan dan Sumatera Utara serta Indonesia, terutama dalam menyusun kebijakan pro-rakyat dan memilih pemimpin yang amanah dan pro-rakyat,” katanya.

AHY melanjutkan, tahun 2018 lalu dirinya sebagai Komandan Kogasma berkampanye untuk Eddy Rachmayadi pun terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utaara. Eddy adalah seniornya di Kostrad, berhasil terpilih sebagai Gubernur Sumut.

“Kini selaku Ketua Umum Partai Demokrat, dirinya berkampanye untuk memenangkan pasangan calon nomor 01 Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi dalam Pilkada Kota Medan 2020.

“Semangat dan gas pol, Bang Akhyar dan Bang Salman! Sama-sama kita AMAN-kan kota Medan. Amankan Suara!” seru AHY.

Sebagian besar kader dan pengurus Partai Demokrat mengikuti amanat Ketum PD lewat fasilitas televisi dan telekonferensi, karena pembatasan jumlah.

Beberapa hari sebelumnya, dalam survei yang dirilis lembaga Roda Tiga Konsultan (20/11), pasangan Akhyar-Salman meraih elektabilitas 53,1 persen sementara lawannya tercatat 37,3 persen. Sisanya sebanyak 9,6 persen menolak menjawab.

Survei tersebut dilaksanakan pada 8-11 November 2020 di seluruh kecamatan di kota Medan, dengan 810 responden yang dipilih secara stratified random sampling. Margin of error 3,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Meski hanya tingkat kota, Pilkada Medan ini menjadi salah satu sorotan nasional, mengingat posisi Medan sebagai salah satu kota utama di Indonesia. Selain itu, dalam Pilkada ini, dua putra Medan, Akhyar Nasution dan Salman Al Farisi, melawan menantu Presiden dan pasangannya yang merupakan pendatang baru.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads