JawaPos Radar

Ketua DPD Golkar DKI Agus Gumiwang Jadi Pengganti Idrus Marham

24/08/2018, 14:54 WIB | Editor: Kuswandi
Idrus Marham
Idrus Marham usai diperiksa KPK, Senin (21/5) (Intan Piliang/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Politikus Partai Golkar Idrus Marham telah resmi mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Kabinet Kerja. Lantas siapa penggantinya?. Saat ini beredar nama jika Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Agus Gumiwang Kartasasmita, bakal menjadi pembantu Presiden Jokowi.

Saat dikonfirmasi, juru bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Prabowo membenarkan Agus Gumiwang bakal menjadi Menteri Sosial.

"Iya Agus," ujar Johan saat dihubungi, Jumat (24/8).

Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga membenarkan, bahwa pukul 15.00 WIB akan ada pelantikan Agus Gumiwang menjadi Menteri Sosial.

"Iya," katanya.

Sekadar informasi, Idrus Marham mengundurkan diri dari jabatan Menteri Sosial (Sosial), karena sudah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam ‎kasus dugaan korupsi pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau. Sehingga ia tidak ingin berlama-lama menjabat sebagai mensos.

"Ya kalau sudah ada pemberitahuan penyidikan kan pasti statusnya sudah tersangka. Jadi semakin cepat semakin bagus," kata Idrus.

Idrus Marham pun mengaku bakal fokus menjalani kasus yang menimpanya di lembaga yang dikepalai oleh Agus Rahardjo tersebut. Sehingga tidak menjadi beban bagi Presiden Jokowi.

Diketahui, Idrus mengundurkan diri karena diduga ikut terlibat korupsi pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau.

Idrus juga sebelumnya sudah beberapa kali diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau. Dalam kasus ini, KPK menetapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih sebagai tersangka kasus suap. Eni ditangkap saat berada di rumah Idrus Marham.

(gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up