alexametrics

Mahfud Minta Kontestan Pemilu Kampanye Secara Santun

24 Maret 2019, 14:04:38 WIB

JawaPos.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyampaikan pesan kepada para kontestan Pemilu 2019 yang mulai melakukan kampanye terbuka pada hari ini, Minggu (24/3). Dia berharap para kontestan pemilu dapat berkampanye secara santun.

“Kampanye terbuga bagus, saya kira lakukan semuanya dengan santun kemukakan semua program kalau mau kritik, kritik yang sifatnya negatif campign kalau bisa dihindari,” kata Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Mahfud menuturkan, para kontestan pemilu baik itu capres-cawapres dan caleg tidak melakukan kampanye hitam selama masa berlangsungnya kampanye terbuka. Hal ini agar proses demokrasi dapat berjalan dengan kondusif.

“Black campaign (kampanye hitam) itu sesuatu yang tidak ada di ada-adakan seakan akan orang melakukan yang jelek, padahal itu tidak ada,” ucap Mahfud.

Oleh karena itu. Mahfud meminta Bawaslu dapat menindak tegas terhadap kontestan pemilu yang melakukan kampanye hitam. “Saya kira Bawaslu harus berani tegas mengambil tindakan, terutama KPU harus profesional dan tegas menyikapi semua kontestan sama. Karena kalau KPU tidak netral itu akan menjadi sumber bencana,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberikan sejumlah imbauan kepada peserta pemilu, masyarakat dan pihak keamanan menjelang masa kampanye terbuka selama 21 hari. Kampanye terbuka resmi dimulai pada Minggu (24/3).

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengimbau peserta pemilu untuk memanfaatkan secara efektif kampanye rapat terbuka. Peserta pemilu harus secara masif menyampaikan visi, misi dan program mereka kepada masyarakat.

“Imbauan kami soal kampanye rapat umum itu ya, mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya. Laksanakan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” jelas Wahyu di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads
Mahfud Minta Kontestan Pemilu Kampanye Secara Santun