alexametrics
Kampanye Terbuka di Banten

Curhat Diserang Hoax, Jokowi Minta Pendukungnya Lawan

24 Maret 2019, 18:01:12 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) curhat kepada masyarakat Banten selalu diserang berita bohong alias Hoax semasa kampanye. Dia menyatakan, berbagai hoax yang kerap menyerangnya adalah tidak benar.

“Sekarang ini di bawah itu ada hoax. Kabar fitnah. Kabar bohong. Jangan dibiarkan ini harus direspons ini harus dilawan. Saudara-saudara melawan hoax? Melawan kabar hitam? Harus berani,” kata Jokowi kepada masyarakat Banten di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Minggu (24/3).

Jokowi menyatakan, banyaknya hoax dapat dilihat dari jejaring media sosial. Selain itu, tindakan yang telah masuk ke dalam kampanye hitam itu juga disebarkan dari rumah ke rumah.

“Nanti kalau menang pendidikan agama akan dihapus? Saudara percaya? Itulah bohong. Yang kedua adalah isu-isu. Adzan akan dilarang? Bohong. LGBT dan zinah diperbolehkan juga bohong,” ungkapnya.

Lagi pula, Jokowi mengingatkan bahwa cawapres pendampingnya, Ma’ruf Amin merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Atas dasar itu, semua hoax itu harus segera dilawan oleh para pendukungnya.

“Ingat pendamping saya ini adalah ketua MUI tidak mungkin kan. Inilah adalah fitnah ingin menjatuhkan cara yang tidak beretika. Saudara harus berani lawan,” tuturnya.

“Melegalkan pernikahan sesama jenis? Harus dilawan, kalau diam nanti dia anggap betul. Sehingga harus dilawan, harus direspons. Ada isu di bawah zinah akan dilegalkan, hoaks, kabar bohong. Ini harus direspon dengan baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap, masyarakat Banten dapat memilihnya pada pemilihan presiden pada 17 April 2019. Tak lupa, dia mengisyaratkan pendukungnya untuk mencoblos paslon yang mengenakan pakaian putih.

“Saya titip ingat bahwa hari rabu 17 April 2019 jangan lupa pilih yang bajunya putih. Pilih yang bajunya putih. Saya ulang pilih yang bajunya putih. Karena putih adalah kita,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor :

Curhat Diserang Hoax, Jokowi Minta Pendukungnya Lawan