alexametrics

Jika Tak Ada Jokowi, Elektabilitas Prabowo Masih Paling Unggul

24 Februari 2020, 18:22:23 WIB

JawaPos.com – Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih paling moncer dan tidak mampu tertandingi di Pilpres 2024 mendatang. Itu jika Jokowi tak lagi ikut bertarung di hajatan demokrasi lima tahunanan bangsa ini.

“Ini adalah elektabilitas tertutup dari 23 tokoh. Jadi, kalau Pemilu dilakukan saat ini, Prabowo menang‎, karena tak ada Jokowi,” ujar Peneliti Median Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (24/2).

Peneliti Median, Rico Marbun‎ mengatakan jika tidak ada Jokowi. Maka elektabilitas tokoh yang tertinggi adalah Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

“Ini adalah elektabilitas tertutup dari 23 tokoh. Jadi, kalau Pemilu dilakukan saat ini, Prabowo menang‎,” ujar Rico di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (24/2).

Rico menjelaskan,‎ berdasarkan penilaian responden elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 18,8 persen. Sementara peringkat kedua adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapatkan penilaian responden sebesar 15,8 persen.

“Di posisi kedua ini ada Anies Baswedan,” katanya.

Kemudian selain Prabowo dan Anies Baswedan ada nama lain yang popularitasnya tinggi itu adalah Sandiaga Uno (9,6 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (8,3 persen). Kemudian ada juga nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,7 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (5,5 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (5,4 persen), dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Maharini (3,3 persen).

“Saya yakin, Pemilu 2024 menjadi ajang pertarungan antara mantan capres-cawapres dengan gubernur-wakil gubernur,” ungkapnya.

Selain elektabilitas, Median turut merekam sisi popularitas tokoh-tokoh nasional. Melalui pertanyaan tertutup, Median menyebut Prabowo menjadi tokoh paling dikenal publik dengan angka 93,3 persen. Kemudian ada nama Sandiaga Uno (83,9 persen), Anies (78,6 persen), AHY (67,9 persen) dan Ketua DPR Puan Maharani (54,4 persen).

“Prabowo masih tinggi dibanding yang lain. Popularitasnya ada di angka 93,6 persen,” ungkapnya.

Diketahui survei Median melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

Survei ini pun dilakukan pada pekan pertama hingga kedua Februari dengan margin of error sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads