JawaPos Radar

Efek Domino Pasca Pencapreasan Jokowi terhadap PDIP di Daerah

24/02/2018, 13:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Efek Domino Pasca Pencapreasan Jokowi terhadap PDIP di Daerah
PDI Perjuangan (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Pengumuman resmi pecapresan Joko Widodo disambut gembira para pengurus PDIP di daerah. Sebab, popularitas Jokowi sebagai presiden bisa juga meningkatkan popularitas partai. Ada semacam simbiosis mutualisme antara deklarasi Jokowi dan popularitas partai di daerah.

Ketua DPD PDIP Riau Kordias Pasaribu menuturkan deklarasi itu sangat mendongkrak, karena memang sosok Jokowi. Dia mengungkapkan keberhasilan Jokowi mulai dari wali kota, gubernur, dan presiden berasal dari PDIP. ”Karena itu keberhasilan dan popularitas Jokowi secara langsung naikkan popularitas PDIP,” ungkap dia yang ditemui di lobi Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, Sabtu (24/2).

Khusus untuk Riau, sesaat setelah pengumuman dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Jumat (23/2) itu dia langsung menyebarkan kabar tersebut ke daerah.

Efek Domino Pasca Pencapreasan Jokowi terhadap PDIP di Daerah
Jokowi resmi dideklarasikan sebagai calon presiden oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (SETPRES for Jawa Pos)

Dia memastikan bahwa PDIP di Riau satu komando mendukung Jokowi sesuai keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mereka langsung akan mengadakan konsolidasi hingga ke bawah.

”Mengadakan agenda-agenda, ada mekanisme partai, di DPD ada Rakerda, Rakercab hingga kecamatan. Bangun kekuatan partai berbasis kerakyatan,” ujar dia.

Ketua DPD PDIP Jambi Edi Purwanto menambahkan deklarasi Jokowi sebagai calon presiden itu juga mendongkrak suara di Jambi. Hal itu dianggap sebagai efek domino dari pencapresan seorang Jokowi. ”Ada simbiosis mutualisme. Di satu sisi kami diuntungkan dari Jokowi di sisi lain PDIP berkontribusi bagi pemenangan Jokowi,” ungkap dia.

Edi menuturkan bahwa Jokowi sudah berbuat dengan program-program unggulan langsung menyentuh pada masyarakat. Seperti dana desa, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan, dan percapatan infrastruktur.

”Kita smpaikan pada rakyat sehingga akselerasi pembangunan kedepan harus dilanjutkan Jokowi agar program-program yang sudah dirancang dan dipondasi oleh Jokowi tetap berkelanjutan,” ungkap dia.

(jpk/jun/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up