alexametrics

PDIP: Pelantikan KSAD Dan Seluruh Pejabat Negara Memang Politik

23 November 2018, 13:20:19 WIB

JawaPos.com – Pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) terus digosipkan berbau politik. Sebab dia merupakan menantu mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono dan disinyalir memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo maupun dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menanggapi itu, Sekretaris Jenderal Partai PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, seluruh pelantikan pejabat negara termasuk KSAD memang selalu diselimuti kepentingan politik. Namun, politik yang dimaksud yaitu untuk kepentingan bangsa, bukan untuk keuntungan kelompok tertentu.

“Pengangkatan KSAD memang untuk politik pertahanan. Buang plastik di laut itu urusan politik. Harga cabe itu urusan politik. Sehingga pengangkatan pejabat negara itu urusan politik , dalam nafas pengelolaan bangsa dan negara tak terlepas dari urusan politik,” ujar Hasto di Hotel Grand Paragon Jakarta Pusat, Jumat (23/11).

Hasto pun menegaskan bahwa PDIP tidak ada campur tangan dalam penunjukan KSAD. “PDIP bisa memisahkan mana urusan negara dan mana urusan partai politik,” tegasnya.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu memastikan bahwa penunjukan Andika atas dasar profesionalitas karirnya di militer. Bukan karena dekat dengan Presiden, PDIP ataupun faktor Hendropriyono.

“Lebih pertimbangan profesionalitas sebagai prajurit TNI, beliau meniti karir yang lengkap pengalaman yang lengkap, seorang doktor juga pendidikan militernya luar biasa,” sambung Hasto.

Sementara itu terkait Andika yang dianggap terlalu dini diangkat sebagai KSAD karena baru 4 bulan menjabat Pangkostrad, Hasto beranggapan tidak tepat. Sebab umur bukan menjadi alasan seseorang menempati jabatan tinggi.

“Kalau kita lihat ketika dulu Republik dibangun Panglima Besar Jenderal Sudirman itu menjabat sebagai Panglima kalau tidak salah usianya masih sangat muda di bawah 40 tahun,” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
PDIP: Pelantikan KSAD Dan Seluruh Pejabat Negara Memang Politik