alexametrics

Pilgub Jatim 2018, PDIP: Emil Mundur atau Kami Pecat

23 November 2017, 18:19:21 WIB

JawaPos.com – Aksi ‘lompat pagar’ Bupati Trenggalek Emil Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) menuai sorotan dari sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Emil yang merupakan kader banteng moncong putih itupun disaran untuk segera dipecat dari partai yang membawanya duduk sebagai kepala daerah. 

Salah satu yang mendorong pemecatan itu adalah Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun. Dirinya mendesak agar Emil segera membuat pernyataan mundur dari PDIP setelah ‎mencalonkan diri menjadi pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur 2018 nanti.

‎”Emil mundur atau kami pecat. Karena saat ini, Emil sudah tidak patuh terhadap partai. Kalau sudah resmi mendaftar di KPU, maka partai harus memecat yang bersangkutan,” ujar Komarudin saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/11).

Emil dan Arumi
Emil Dardak Bersama istrinya Arumi (JawaPos.com)

Menurut Anggota Komisi II DPR, tidak mungkin Emil memiliki lebih satu keanggotaan partai. Sebab Emil diketahui diusung berpasangan dengan Khofifah lewat Partai Demokrat dan Partai Golkar.

“Kalau di PDIP aturannya jelas, kalau sudah memilih KTA partai lain maka harus kita pecat,” katanya.

Komarudin juga mengaku dirinya kecewa kepada Emil yang tidak menuruti perintah partai untuk memenangkan pasangan Saifullah Yusuf dan Azwar Anas di Pilgub Jawa Timur. Apalagi, lanjutnya, Emil adalah salah satu muridnya dalam sekolah partai di PDIP yang dinilai berprestasi.

‎”Itu yang kita sesalkan. Kebetulan dia salah satu murid saya, dia ikut proses sekolah kepala daerah. Dia berpotensi jadi orang besar,” ungkapnya.

Sebelumnya, PDIP telah mencalonkan salah satu kadernya Azwar Anas sebagai cawagub untuk mendampingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur.

Tapi secara tiba-tiba Partai Demokrat dan Partai Golkar mengusung Emil Dardak menjadi cawagub mendampingi Khofifah Indar Parawansa di hajatan terbesar di Jawa Timur 2018 nanti.

Editor : admin

Reporter : (cr2/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Pilgub Jatim 2018, PDIP: Emil Mundur atau Kami Pecat