alexametrics

Bahas Rekonstruksi Sejarah, Ara Janji Ajak Bicara Fahri Hamzah

23 November 2017, 19:13:40 WIB

JawaPos.com – Di antara masalah dan persoalan yang harus diperbaiki di Indonesia saat ini adalah penulisan ulang sejarah bangsa Indonesia. Hal itu menjadi salah satu yang disorot oleh Taruna Merah Putih (TMP). 

“Rekonstruksi sejarah itu sangat penting,” kata sejarawan Ridwan Saidi, dalam Diskusi Kamisan yang digelar DPP TMP di kantornya, Menteng, Jakarta, Kamis, (23/11). 

Dalam diskusi itu, selain Ridwan, hadir pula sebagai narasumber tokoh nasional Sabam Sirait dan tokoh Angkatan 66 yang juga mantan Ketua Presidium PMKRI Cosmas Batubara.

Lebih lanjut, Ridwan mengurai beberapa catatan yang selama ini menurutnya salah. Misalnya, soal kedatangan agama Islam dan agama Kristen ke Indonesia. Kedua agama ini masuk ke Indonesia sama-sama di abad ke-7 masehi.

“Jadi jangan salah. Kemudian, apakah Islam datang itu dari Gujarat. Itu tidak benar, orang Gujarat itu miskin, tak bisa berdagang dan penganut Syiah Ismailiyah. Agama Islam masuk ke Indonesia itu melalui Imarat, atau kita kenal sekarang sebagai Emirat, Bahrain, Qatar,” kata Ridwan, yang juga mantan Ketua Umum PB HMI itu.

Sementara itu, terkait soal ide Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Ridwan menilai bahwa rekonstruksi sejarah ini harus dilakukan berbagai pihak, bukan hanya para sejarawan. DPR dan pemerintah juga harus dilibatkan.

“Saya diajak Fahri Hamzah untuk meluruskan sejarah ini. Bikin Forum diskusi sejarah. Namun tak jalan karena tidak ada yang mau berdebat soal sejarah dengan versi saya,” kata Ridwan yang disambut tawa hadirin.

Dalam kesempatan ini, Marauar pun janji akan bicara dengan Fahri Hamzah agar diskusi soal rekonstruksi sejarah ini kembali dilanjutkan.  “Nanti saya bicara dengan Fahri Hamzah,” ungkap Ara yang merupakan politisi PDIP itu.

Editor : admin

Reporter : (dms/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Bahas Rekonstruksi Sejarah, Ara Janji Ajak Bicara Fahri Hamzah