alexametrics

Kampanye Pemilu 2019 Dimulai, Ketua KPU Beri Wejangan Penting

23 September 2018, 10:25:11 WIB

JawaPos.com – Tahapan Pemilu 2019 telah memasuki masa kampanye. Dalam kesempatan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan deklarasi kampanye damai.

Acara dihadiri oleh seluruh ketua umum partai politik, penyelenggara pemilu, dan tentunya kedua calon presiden dan calon wakil presiden. Termasuk ribuan simpatisan parpol maupun pasangan capres dan cawapres.

Ketua KPU Arief Budiman memaparkan, kegiatan ini bertujuan untuk meneguhkan komitmen peserta pemilu. Terutama dalam menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kampanye yang damai demokratis dan mengedukasi pemilih dan memperkenalkan dan mensosialisasikan peserta pemilu 2019,” kata Arief dalam orasi politiknya di monumen nasional, Jakarta, Minggu (23/9).

Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah kampanye anti SARA dan hoaks. Arief menyebutkan hal ini untuk menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat.

Arief memaparkan masa kampanye akan dimulai pada hari ini (23/9). Dia mengingatkan, seluruh peserta pemilu harus mentaati peraturan yang berlaku dalam berkampanye.

“Selama masa kampanye peserta pemilu juga melakukan kegiatan kampanye dengan metode yang sesuai dengan ketentuan dan metode perundang undangan yang berlaku, kampanye dimaksudkan untuk meyakinkan pemilih dengamn menawarkan visi misi program dan atau citra diri peserta pemilu,” ucapnya.

Selain itu, Arief menambahkan, kegiatan kampanye juga merupakan upaya peserta pemilu untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih. Atas dasar itu, diharapkan meningkatkan angka partisipasi.

“KPU berharap agar peserta pemilu dapat memanfaatkan masa kampanye melalui kegiatan kampanye yang damai, seperti tidak mempolitisasi Sara, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan politik uang dan tidak melakukan hujat dan menghina,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (aim/JPC)


Close Ads
Kampanye Pemilu 2019 Dimulai, Ketua KPU Beri Wejangan Penting