alexametrics

Surya Paloh: Percuma Ada 100 KPK jika Tidak Punya Budaya Malu

23 Agustus 2021, 17:37:58 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus saja menangkap orang-orang yang melakukan korupsi. Namun sampai saat ini masih ada saja orang yang melakukan praktik kotor tersebut.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan Indonesia masih membutuhkan proses sosial untuk menghadirkan budaya malu. Sebab, menurut dia, hanya dengan budaya malu, praktik korupsi di dalam negeri bisa dikurangi.

“Harus bangun kesadaran masyarakatnya itu sendiri yang harus kita lakukan untuk memulai dari manapun, dari mulai pendidikan keluarga, pendidikan formal, hingga menjadi interaksi sosial masyarakat keseharian, menimbulkan satu budaya asas kepantasan tidak boleh untuk tercerai,” ujar Paloh dalam pidato kebangsaan di YouTube CSIS Indonesia, Senin (23/8).

Menurut Paloh, tanpa adanya budaya malu tersebut, maka mustahil pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berhasil. Bahkan walaupun ada 100 lembaga antirasuah, korupsi tidak bisa diberantas tanpa adanya budaya malu.

“Kalau kita tidak mengenal budaya malu, jangankan 1 KPK, 100 KPK tidak akan memberikan daya efektif apa-apa dalam upaya pemberantasan korupsi itu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Paloh mengapresiasi kinerja dari lembaga antirasuah yang ada saat ini. Sebab sampai saat ini mereka tidak berhenti menangkap para koruptor dari berbagai kalangan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads