alexametrics

KPK OTT di Lapas Sukamiskin, Fahri Hamzah: Ini Fun of Anarchy

23 Juli 2018, 20:44:18 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak kekacuan hukum atas kejadian lapas Sukamiskin harus dihentikan oleh pemerintah. Karena itu dia meminta Menteri hukum dan ham (Menkumham) Yasonna Laoli, bersikap berani dan tegas.

“Jadi bukan harus mundur, Yasonna harus punya nyali dan berani,” kata Fahri di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/7).

Lebih lanjut, Fahri juga menegaskan tak membenarkan sikap KPK yang seolah bertindak sebagai intelejen dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut.

“Apalah operasi intelijen dalam penegakan hukum kayak gini, mana ada? Operasi intelijen dalam penegakan hukum itu adalah bencana bagi demokrasi,” ungkapnya.

Selain itu, Fahri juga menyebut fasilitas mewah yang didapatkan para koruptor di lapas Sukamiskin wajar saja. Karena baginya, fasilitas yang disediakan juga tergolong manusiawi.

“Udah bener itu lapas kayak begitu. Itu tempat untuk dihibur. Yang lain itu antah berantah, lapas zaman Belanda itu. Saya kan keliling lapas seluruh Indonesia,” kata Fahri di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/7).

Menurut Fahri, saat ini tak ada keberanian dari pihak terkait untuk memperbaiki fasilitas lapas di Indonesia. Sehingga, dirinya pun tak setuju dengan usulan revitalisasi lapas yang harus dilakukan oleh kemenkumham. 

“Rezim bui itu sudah nggak ada. Nggak ada orang yang bisa menikmati belasan tahun di dalam penjara. Karena sudah pasti dia dikekang. Di luar negeri sudah enggak ada itu orang dipenjara,” ungkapnya.

Fahri menambahkan, saat ini KPK tengah mencari-cari sensasi dengan melakukan OTT di lapas Sukamiskin. Dia menyebut KPK telah melewati kewenangannya dengan masuk lapas.

“Presiden liKPK OTT di Lapas Sukamiskin, Fahri: Ini Fun of Anarchynglung. Akhirnya tanggung jawab ini diambil oleh KPK dan KPK melakukannya serampangan, ugal-ugalan, dia ngerusak semuanya. Jadi saya kalau melihat ini anarki. Fun of Anarchy,” Pungkasnya.

Sebelumnya tim Satgas Penindakan KPK dikabarkan kembali melakukan OTT. Dalam operasi senyap yang dilakukan pada Jumat (20/7) malam hingga Sabtu (21/7) dini hari, tim berhasil menciduk Kalapas Sukamiskin berinisial WH.

Selain menangkap Kalapas, dalam operas tersebut, tim juga berhasil mengamankan beberapa pihak lain yang diduga turut serta dan mengetahui ihwal adanya perkara dugaan suap menyuap. Kabar terbaru artis cantik Inneke Koesherawati pun ikut diamankan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (aim/JPC)

KPK OTT di Lapas Sukamiskin, Fahri Hamzah: Ini Fun of Anarchy