alexametrics

Tak Persoalkan Cak Imin jadi Capres KIB, PAN: Syaratnya Harus Menang

23 Mei 2022, 14:23:02 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi angkat bicara terkait keinginan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan PAN, PPP dan Partai Golkar. Dia tak mempermasalahkan jika Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ingin diusung menjadi calon presiden, asalkan menang pertarungan Pilpres 2024.

“Jika KIB akan mengusung Cak Imin sebagai Capres, maka di atas hitungan kertas harus menang. Kalau tidak menang, kan dada jadi sesak, mata berkunang-kunang, dan tensi darah naik,” kata Viva Yoga kepada awak media, Senin (23/5).

Viva mengungkapkan, PAN merasa senang dan bergembira jika PKB dapat bergabung di KIB. Jika PKB bergabung di KIB akan menambah warna dan substansi platform KIB, untuk visi Indonesia dan pemerintahan masa depan semakin baik dan komprehensif.

Selain itu, lanjut Viva Yoga, jika PKB bergabung akan menambah kekuatan politik dalam berkontestasi di Pilpres 2024, karena akan menambah potensi suara. Sebab tak dipungkiri, masing-masing partai tentu memiliki basis konstituen yang militan dan ideologis, sehingga pasangan calon yang akan diusung KIB berpotensi dapat memenangkan Pilpres.

“Kemudian menambah keindahan warna pelangi kebangsaan di KIB karena kekuatan Nasionalis – Relijius KIB semakin terlihat terang dan nyata,” tegas Viva Yoga.

Bahkan, kata Viva Yoga, suasana politik di KIB akan meriah, segar dan menyenangkan dengan kehadiran Cak Imin, sebagai figur politisi yang humoris, yang mengemas masalah politik dengan bahasa ringan dan intelektual. Dia tak mempermasalahkan jika Cak Imin ingin diusung sebagai Capres, tapi syaratnya harus menang.

“Makanya, sebaiknya Cak Imin dan PKB bergabung saja dulu dengan KIB. Saya yakin, Golkar dan PPP perasaannya akan sama dengan PAN senang dan gembira.
Ayo Cak Imin, ojo kesuwen (jangan lama-lama) untuk bergabung bersama dan mengarungi samudera politik di kapal KIB,” ungkap Viva Yoga.
Sebelumnya, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Namun, ada syarat, Cak Imin yang diusung sebagai calon presiden (capres).

”Saya siap bergabung asal capresnya saya,” ujar Cak Imin, Minggu (22/5).

Wakil Ketua DPR RI ini menyambut baik gagasan koalisi tersebut sebagai ikhtiar untuk menyamakan kekuatan, sehingga mulai mengkristal. ”Saya menyambut baik itu, moga-moga nanti calonnya sama. Nggak tahu capresnya siapa,” ujar dia.

Cak Imin menyatakan bahwa PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai manapun dalam menyongsong Pemilu 2024. “Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum. Kita terbuka,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads