alexametrics

Fraksi PKS Tolak Rapid Test Korona Khusus DPR dan Keluarganya

23 Maret 2020, 20:02:44 WIB

JawaPos.com – DPR RI rencananya akan melakukan rapid test corona kepada seluruh Anggota DPR dan keluarganya pada 26-27 Maret 2020 di Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR. Tes akan dilaksanakan pada Kamis dan Jumat setelah alatnya datang di RJA Kalibata dan Ulujami.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekjen DPR Indra Iskandar di Jakarta (23/3) dan merupkan kesimpulan Rapat Pengganti Bamus pekan yang lalu.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta rencana tersebut sebaiknya dibatalkan. Atau bisa juga diprioritaskan hanya untuk anggota yang terindikasi sakit dalam pemeriksaan awal.

“Tidak elok di tengah kondisi saat ini dimana tenaga medis dan rakyat lebih membutuhkan, malah tiba-tiba ada pengadaan rapid test khusus anggota DPR dan keluarganya,” tegas Jazuli dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (23/3).

Anggota Komisi I DPR ini meminta, tidak ada pembeda-bedaan perlakuan antara anggota DPR dan keluarganya dengan masyarakat pada umumnya. Karena protokol kesehatan juga diberlakukan di Kompleks Parlemen, Senayan maupun rumah dinas, tapi untuk tes Korona cukup diprioritaskan kepada anggota yang memang terindikasi sakit.

Sementara, anggota dan keluarga yang mengalami gejala sakit tentu harus istirahat dan mengkarantina diri di rumah atau berkonsultasi dengan dokter atau rumah sakit.

“Intinya Fraksi PKS DPR tidak setuju jika diadakan tes korona kepada seluruh anggota DPR dan keluarganya,” katanya.

Menurut Jazuli, di tengah kondisi seperti sekarang setiap anggota DPR harus mengutamakan rakyat. Termasuk harus hadir bersama rakyat, dan memprioritaskan kebutuhan tenaga medis. Karena mereka yang terpapar langsung dalam menangani virus korona.

“Jika ada indikasi atau gejala sakit anggota DPR dan keluarganya bisa berkonsultasi pada dokter dan merujuk rumah sakit secara mandiri sebagaimana msyarakat umumnya,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: