alexametrics

Densus 99 Asmaul Husna dan Gus Yaqut di Mata Pakar Terorisme

22 Desember 2020, 17:57:51 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Menag) untuk menggantikan Fachrul Razi. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gus Yaqut sendiri merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Selain itu, Gus Yaqut juga dikenal dekat dengan lingkungan pesantren dan memiliki kepribadian yang tegas. Gus Yaqut pun disinyalir dipilih Jokowi untuk membendung radikalisme di pondok pesantren.

Mengenai hal ini, Pengamat Teroris Universitas Indonesia (UI) Ridwan Habib mengatakan, pilihan tepat memilih Gus Yaqut sebagai Menag untuk bisa meredam aksi terorisme di Tanah Air.

“Rekam jejak Gus Yaqut selaku pimpinan Ansor itu tegas pada intoleransi, radikalisme dan juga anti terorisme,” ujar Ridwan ketika dihubungi JawaPos.com, Selasa (22/12).

Baca Juga: Tepat Rabu Pon, 6 Menteri Baru Jokowi Bakal Dilantik di Istana

Baca Juga: Prabowo Sudah Restui Sandiaga Uno Jika Dipilih Jokowi Jadi Menteri

GP Ansor sendiri dalam memerangi aksi terorisme juga memiliki Detasemen Khusus (Densus) 99 Asmaul Husna. Jadi, diyakini pengangkatan ini akan menjadi awal yang baik untuk meminimalisir tingkat terorisme di Indonesia.

“Punya Densus 99 Asmaul Husna yang dipimpin oleh Gus Nuruzzaman, itu saya kira dengan adanya posisi Menag ini bisa lebih keras lagi pada anasir-anasir (paham) radikalisme dan toleransi, pro-terorisme yang basisnya oknumnya berangkat dalam agama tertentu, dalam hal ini oknumnya dari kalangan islamiyah. Harapannya lebih tegas,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Selasa (22/12). Salah satunya adalah Gus Yaqut yang ditunjuk sebagai Menag.

“Yang keempat Pak Yaqut Cholol Qoumas beliau adalah tokoh muslim Ketua GP Ashor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” terang dia.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads