alexametrics

PSBB Jilid II, Sandi Minta Pemerintah Perhatikan Kebutuhan Dasar Warga

22 September 2020, 22:50:28 WIB

JawaPos.com – Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II. Langkah itu diambil setelah ribuan orang dalam satu hari terpapar virus corona atau Covid-19, sehingga angkanya terus bertambah dan membludak

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno meminta pemerintah agar memperhatikan kebutuhan masyarakat selama masa penerapan PSBB jilid II ini. Pasalnya akibat aturan ini masyarakat dibatasi dalam beraktivitas bahkan para pedagang tidak bisa membuka usaha mereka.

“Yang perlu diperhatikan bukan hanya kesehatan masyarakat tapi juga kebutuhan dasar mereka. Peluang usaha dan lapangan kerja banyak yang hilang, pemerintah harus memberikan keringanan atas biaya-biaya dan juga insentif dalam bentuk bantuan tunai agar masyarakat kita bisa memenuhi kebutuhan pokoknya,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (22/9).

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini menyebutkan para pengusaha kecil dan menengah sangat terdampak akibat PSBB ini. Sandi pun mendorong pemerintah agar memberikan insentif pada mereka, salah satunya dengan menghapuskan biaya sewa tempat usaha.

“Berikan insentif kepada pelaku usaha kecil, agar masyarakat tetap punya uang tunai dalam kantong mereka, memastikan tagihan listrik dan kuota paket data harus diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha dalam melawan Covid-19. Karena setidaknya dalam dua tiga bulan kedepan karena itu berada diujung dan semoga inilah puncaknya.

“Dan smoga setelah kurva mendatar kita dapat kembali melakukan pembukaan tempat usaha. Karena jika tidak mengurus masalah kesehatan ini, kita tdak bisa mengurus masalah ekonomi,” tukasnya.

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur DKI ini memprediksi pemulihan ekonomi akan mengalami keterlambatan akibat PSBB ini. Sehingga, salah satu yang harus dilakukan masyarakat adalah membeli produk-produk lokal kepada para pedagang lokal sehingga roda ekonomi mereka bisa bertahan di tengah pandemi.

“Belilah produk lokal dari pelaku usaha lokal, bantu komunitas dan sekeliling kalian,” imbau Sandi.

Sandi pun terus mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas ketika harus keluar rumah agar wabah ini bisa segera berakhir.

“Selalu terapkan protokol kesehatan dengan baik. Hal-hal simpel seperti ini yang perlu kita terapkan dalam diri kita untuk menggerakkan roda ekonomi dan membuka lapangan kerja di tengah beban biaya hidup yang kian meningkat,” kata dia mengingatkan.[

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads