alexametrics

Arief Budiman Positif Covid-19, Ilham Saputra Jabat Plh Ketua KPU

22 September 2020, 16:26:36 WIB

JawaPos.com – Komisioner Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra resmi ditunjuk sebagai Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU menggantikan sementara Arief Budiman yang sedang mengalami musibah. Sebagaimana diketahui, Arief Budiman dinyatakan positif terjangkiti virus korona atau Covid-19.

“Dalam rangka untuk memperlancar urusan tata administrasi KPU, telah diputuskan penunjukan Plh Ketua KPU yaitu dalam hal ini Plh Ketua KPU dilaksanakan Saudara Ilham Saputra,” ujar Ilham kepada wartawan, Selasa (22/9).

Ilham mengatakan, kolegasnya Arief Budiman saat ini sedang menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto guna mempercepat pemulihan. “Saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU definitif sejak tadi pagi memutuskan untuk melanjutkan perawatan ke RSPAD dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, mengenai anggaran pilkada (NPHD), Ilham menyampaikan, sampai dengan hari ini Selasa (22/9), sudah ditransfer 100 persen anggaran ke 259 daerah dari 270 daerah yang menggelar pilkada. KPU juga sedang memfinalisasi draf revisi PKPU tentang Penyelenggaraan Pilkada Situasi Covid-19.

Aturan yang baru nantinya membatasi kegiatan yang berpotensi mengundang masyarakat banyak. “Yang pada prinsipnya membatasi dan meniadakan kegiatan yang potensial melibatkan massa dalam jumlah banyak dan potensial penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Sebelumnya, ‎Arief Budiman dikabarkan positif tertular Covid-19 sejak 17 September 2020, tanpa gejala. Arief mengatakan, dirinya mengetahui tertular virus korona karena ‎mendapat undangan untuk mengikuti rapat di Istana Bogor. Sesuai protokol Istana, Arief wajib menjalani rapid test dan swab test. Dari situ diketahui bahwa dirinya terjangkiti Covid-19.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: