JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pidato Jokowi Bikin Sejuk, Sekjen Fornas: Bukti Negarawan Sejati

22 September 2018, 19:53:44 WIB | Editor: Imam Solehudin
Jokowi Ma'ruf Amin
Calon presiden nomor urut satu, Joko Widodo ketika memberikan sambutan di Gedung KPU, Jumat (21/9) malam. (Issak Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sambutan Presiden Joko Widodo saat acara pengambilan nomor urut di Gedung KPU, Jumat (21/9) malam, menuai banyak pujian. Sebagai kontestan petahana, Jokowi memberikan teladan kepada masyarakat.

Di hadapan para elite politik, relawan, baik kubu petahana maupun oposisi, Jokowi mengajak untuk berkontestasi secara fair tanpa konflik. Pemilu, kata Jokowi, harus damai dan sejuk.

"Makna pidato Pak Jokowi membuktikan untuk kesekian kalinya, Jokowi seorang negarawan sejati," ujar Sekretaris Jenderal Fornas Bhineka Tunggal Ika, Taufan Hunneman lewat siaran persnya, Sabtu (22/9).

Taufan menjelaskan setidaknya ada 5 poin dari makna pidato presiden sekaligus paslon nomer 01 itu. "Pertama Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk menikmati pesta demokrasi dengan kegairahan dan senang," jelas dia.

Selanjutnya, eks Wali Solo itu meminta siapapun untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai landasan utama dalam berpolitik.

"Ketiga Jokowi sedang membangun satu peradaban politik yang bermoral, serta memberikan pendidikan politik elit yang bisa meng-influence rakyat sehingga demokrasi bisa paripurna," beber Taufan.

"Dan yang terakhir babhwa gagasan, ide, dan konseptual lebih utama daripada isu-isu SARA," lanjut pria yang berprofesi sebagai advokat itu.

Taufan melihat Jokowi merupakan negarawan yang luar biasa. Dia selalu konsisten untuk mengingatkan soal pentingnya satu demokrasi yang berkualitas.

"Dia hadir dan berdiri di atas semua golongan. Maka dari itu, Pak Jokowi harus memimpin satu periode lagi. Agar bukan saja infrastruktur yang dituntaskan, namun politik peradaban juga dibangun," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up