JawaPos Radar

Penanganan Gempa Lombok

PKS: Pemerintah Jangan Berpikir Untung Rugi dan Citra

22/08/2018, 00:05 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Jazuli Juwaini
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaeni meniai penanganan korban gempa Lombok di NTB masih lambat. (Gunawan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta Pemerintah mempercepat penanganan korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab, makin banyaknya korban jiwa dan minimnya bantuan yang sudah masuk ke daerah terdampak bencana.

"Prioritas utama Pemerintah adalah menyelamatkan korban rakyat, jangan berpikir untung rugi, citra, dan lain sebagainya," tegas Jazuli dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com. 

Jazuli yang pekan sebelumnya telah mengunjungi dan menyerahkan bantuan Fraksi PKS untuk korban gempa, mengaku melihat penanganan yang masih lambat, bahkan masih banyak wilayah yang sulit mengakses bantuan.

Untuk itu ia mendukung penetapan gempa Lombok sebagai bencana nasional. Anggota DPR Dapil Banten ini juga mengemukakan sejumlah alasan, sekaligus menepis keraguan Pemerintah soal penetapan bencana nasional. 

"Kita harus lihat kondisi faktual penanganan korban gempa, yaitu derita rakyat NTB. Itu dulu yang dilihat sebagai prioritas, jangan hal-hal lain. Faktanya, korban besar, kerusakan luas, ekonomi lumpuh, dan DPRD Provinsi NTB juga sudah merekomendasikan agar menjadi bencana nasional," tegasnya.

Jazuli juga kemudian mengkritik evaluasi penanganan korban sejak tanggap darurat, rekonstruksi, dan rehabilitasi di lapangan yang lambat dan tidak merata. Terbukti banyak keluhan di lapangan bahkan akses korban terhadap bantuan sulit.

"Ini yang harus jadi prioritas Pemerintah agar sistem dan manajemen penanganan bencana lebih kuat dan komprehensif sehingga keluhan dan keterbatasan yang dirasakan rakyat korban bencana dapat segera diatasi secara baik dan komprhensif," paparnya.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up