JawaPos Radar

Kongkalikong di Sukamiskin, Bisa Jadi Fenomena Gunung Es

22/07/2018, 16:41 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Aboebakar Alhabsy
Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi berharap Kemenkumham sebagai mitra kerjanya bisa segera melakukan pembenahan di lapas yang ada di seluruh Indonesia. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Adanya transaksi permintaan sel mewah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung kini tak lagi dilakukan sembunyi-sembunyi. Melainkan sudah secara terang-terangan. Itu terungkap dalam penyidikan sementara Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kondisi ini membuat Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi ikut angkat bicara. Dia menyayangkan kejadian yang terjadi di Lapas Sukamiskin itu. Baginya, praktek itu seharusnya tidak terjadi jika kalapasnya berintegritas dan sistemnya kuat sehingga tidak memungkinkan untuk terjadinya pelanggaran.

"Saya khawatir apa yang terjadi di Sukamiskin adalah fenomena gunung es. Bisa jadi situasi serupa banyak terjadi di lapas yang lain, tentunya hal ini harus diantisipasi dengan baik oleh Menkumham. Jangan sampai hal ini terulang lagi," kata Aboebakar kepada JawaPos.com, Minggu (22/7).

Lebih lanjut, politikus itu menuturkan, perbaikan dan pembenahan bukan hanya dilakukan di lapas sukamiskin, namun di seluruh lapas di Indonesia. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus untuk pembenahan seluruh lapas di Indonesia. Terutama soal pembenahan sistem dalam lapas. 

"Sistem yang baik harus mampu menutup peluang adanya kongkalikong antar petugas dengan warga binaan. Aturan sedapat mungkin mengedepankan tertib hukum dan tertib aturan dalam lapas," ucapnya.

Selain itu, lanjut Aboebakar, mengenai penguatan integritas para petugasnya. Dengan integritas yang baik peraturan yang ada akan dapat diimplementasikan secara tepat. 

"Tanpa integritas, aturan sebaik apapun akan dapat diakali. Oleh karenanya integritas ini akan menjadi kunci paling strategis pembenahan lapas," pungkasnya.

(aim/JPC)

Alur Cerita Berita

ICW: Bubarkan Penjara Koruptor 22/07/2018, 16:41 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up