PKS dan Nasdem Sepakat Bangun Koalisi Jelang Pilpres 2024

22 Juni 2022, 18:59:43 WIB

JawaPos.com – Sejumlah pimpinan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambangi kantor DPP Partai Nasdem di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/6). Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan, belum ada pembicaraan khusus dengan PKS, namun tak dipungiri banyak kesamaan antara Nasdem dan PKS.

“Kami berdua belum ada hal cukup serius yang menjadi pembicaraan, tapi dimaknai ada banyak persamaan, pikiran yang bisa dikolaborasikan berama untuk meningkatkan upaya-upaya yang memang harus diusahakan agar kualitas Pemilu jauh lebih baik dari apa yang pernah dilalui,” kata Surya Paloh usai pertemuan itu.

Elite Partai Nasdem ini menginginkan Pemilu 2024 yang berkualitas. Sehingga diharapkan seluruh anak bangsa memiliki hak pilihnya masing-masing pada kontestasi Pemilu lima tahunan tersebut.

“Dengan suasana yang lebih membanggakan dan riang menjadi gambaran untuk bangsa lain bahwa Indonesia sangat siap menyongsong Pemilu mendatang, ini refleksi langsung antara saya dan PKS,” beber Surya Paloh.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden PKS Ahmad Syaikhu pun mengakui banyak persamaan antara partai yang dipimpinnya dengan Nasdem. Dia menyebut, ada beberapa yang disepakati anatara PKS dan Nasdem. “Ini tentu menjadi suatu hal untuk kita tindak lanjuti di tingkat yg lebih teknis bisa kita lakukan, tentu kamu mengucakan terimakasih banyak atas jamuannya,” beber Syaikhu.

 

Adapun kesepakatan pertemuan antara Nasdem dan PKS itu di antaranya:

  1. Membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya sebagai warganegara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan.
  2. Menjadikan Pemilu Serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang penuh semangat toleransi dan persatuan bangsa.
  3. Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: