alexametrics
Cegah Lonjakan Covid-19

Pemerintah Diminta Syaratkan Vaksin Lengkap Buat Masuk Tempat Wisata

22 April 2022, 23:45:29 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dinilai sudah sangat matang menyiapkan rencana fasilitasi masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 2022. Terlebih, masyarakat dibebaskan dari hasil negatif tes antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan mudik, bagi yang sudah vaksin dosis ketiga (booster).

Anggota Fraksi PKB DPR RI Luqman Hakim menekankan, untuk melengkapi pengaturan mudik yang sudah ditetapkan pemerintah, dirinya mengusulkan agar diberlakukan juga pengaturan yang ketat bagi tempat-tempat wisata selama libur lebaran.

“Pemerintah perlu membuat aturan yang mewajibkan tempat-tempat wisata selama libur lebaran hanya boleh menerima kunjungan dari masyarakat yang sudah vaksin lengkap (dua dosis) atau sudah vaksin ketiga (booster),” kata Luqman kepada wartawan, Jumat (22/4).

Sementara itu, apabila belum vaksin kedua atau ketiga, maka pengunjung wisata wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen. Dia menegaskan, pengaturan tempat wisata itu sangat penting dilakukan untuk mencegah gelombang Covid-19.

“Jangan sampai setelah libur lebaran, kasus Covid-19 naik tinggi akibat tempat-tempat wisata dibiarkan bebas tanpa aturan,” harap Luqman.

Dia meminta Pemerintah dan masyarakat belajar dari pengalaman libur Lebaran 2021 lalu. Menurutnya, pemerintah tidak cukup ketat mengatur pembatasan di tempat wisata, sehingga lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran 2021 lalu.

“Kalau terjadi lonjakan covid-19, nanti yang pemerintah menyalahkan tradisi mudik dan aktifitas silaturrahim halal bi halal Idul Fitri. Padahal pemicunya dari penumpukan pengunjung tempat-tempat wisata,” pungkas Luqman.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads