alexametrics

Kapal Selam Nanggala-402 Belum Ditemukan, Pimpinan DPR Bilang Begini

22 April 2021, 10:01:40 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Panglima TNI untuk dapat segera mengerahkan pasukan dalam pencarian Kapal Selam TNI AL Nanggala-402. Unit tempur itu diketahui hilang kontak usai melakukan latihan torpedo di perairan Bali Utara.

“TNI AL dan Bakamla diharapkan segera berkordinasi untuk menemukan titik kordinat kapal yang hilang kontak tersebut dan melakukan penelusuran keberangkatan dan tujuan kapal itu, sehingga dapat dilakukan langkah awal untuk mempermudah dan mempercepat pencarian,” Kata Azis Syamsuddin kepada wartawan, Kamis (22/4).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga menegaskan, upaya TNI yang menggandeng Australia dan Singapore perlu diapresiasi. Namun demikian perlu juga diinformasikan kepada Bakamla maupun relawan terkait untuk bekerjasama dalam melakukan pencarian.

“Selama kerjasama itu sesuai prosedur maka diperbolehkan, pencarian dan hal lainnya terkait kecelakaan latihan perang, biasanya ada prosedur penyelamatan yang disepakati oleh kedua negara tersebut,” katanya.

Diketahui, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) menyebut ada 53 personel kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu (21/4), sekitar pukul 03.00 WIB.

Baca Juga: Wisnu: Saya yang Merancang dan Menciptakan Logo Demokrat

Baca Juga: Reformasi ASN, Naik Pangkat Tiap Dua Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

Baca Juga: Sudah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

KRI Nanggala-402 diduga tenggelam saat sedang gladi resik untuk latihan penembakan rudal. Namun saat melakukan perjalanan dari Surabaya menuju perairan selat Bali, kapal selam buatan Jerman tersebut hilang kontak dan tidak terdeteksi oleh radar.

Menurut rencana, KRI Nanggala-402 dijadwalkan ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali, Kamis (22/4). Kapal yang hilang kontak 90 kilometer di utara perairan Bali, diduga berada di Palung dengan kedalaman 700 meter.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads