alexametrics
Penghematan Anggaran Tak Signifikan

HNW Minta Pileg dan Pilpres Tidak Lagi Digelar Serentak

22 April 2019, 13:29:07 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyarankan agar pemilu ke depan sebaiknya tidak lagi digelar serentak. Menurutnya, keserentakan pemilu ini hanya membuat semuanya menjadi tidak fokus.

HNW berharap pilpres dan pileg digelar pada waktu berlainan seperti yang terjadi di pemilu 2014. Ia mengatakan, pemilu serentak juga tak terlalu berpengaruh signifikan terhadap upaya penghematan anggaran.

“Sekarang ini pileg dan pilpres dicampur, dibarengkan seperti ini. (Tapi) Keinginan untuk menghadirkan biaya yang lebih rendah, penghematan, juga tidak tercapai,” ujar HNW di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (22/4).

HNW menerangkan, pemilu serentak membuat publik terlalu terfokus kepada pilpres. Sedangkan pileg sedikit terlupakan. Akibatnya, ada sebagian masyarakat yang merasa bingung dalam menentukan wakilnya di legislatif.

“Publik dan media selalu fokus pada pilpres, tidak dicermati para caleg ini bagaimana kualitasnya, siapa mereka, sehingga belum terjadi penilaian yang objektif, yang serius,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS itu mendorong DPR RI melakukan evaluasi bersama pemerintah terkait penyelenggaraan pemilu serentak 2019, untuk menentukan rancangan pemilu masa mendatang. Dia juga meminta pemerintah untuk mendalami kekurangan dari penyelenggaraan pemilu serentak tahun ini.

“Perlu dievaluasi mana penyebab kekacauannya, masalahnya, apakah karena kebersamaannya atau persiapan KPU tidak matang,” sambungnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads