alexametrics

Hashim: Prabowo Tidak Akan Ambil Langkah di Luar Konstitusional

22 April 2019, 17:53:48 WIB

JawaPos.com – Hashim Djojohadikusumo selaku Direktur Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) kubu 02  meminta masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan manuver Prabowo di pilpres kali ini. Bahkan, dirinya memastikan kakak kandungnya itu tidak akan melakukan tindakan yang melanggar Undang-Undang.

“Prabowo tak akan ambil langkah-langkah di luar konstitusional. Tapi sebaliknya, kami berharap dari aparat juga tetap berpegang dengan cara-cara konstitusional. Kalau mereka konstitusional, kami juga konstitusional,” kata Hashim di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (22/4).

Hashim juga membantah terkait pelaporan sejumlah pihak yang menyebut Prabowo telah berbuat keonaran. Menurutnya, mantan Danjen Kopassus itu selalu berjuang dengan cara yang konstitusional. Bahkan Prabowo juga menitipkan agar pendukungnya tetap sejuk dan tidak terprovokasi.

“BPN 02 ingin pemilihan presiden dan pemilihan umum dilaksanakan secara jujur dan transparan dan adil. Saya ulangi, jujur, adil dan transparan. Kami menilai sekarang tidak jujur, tidak transparan dan tidak adil,” terangnya.

Atas dasar itu, Hashim meminta KPU dan Bawaslu untuk mengusut berbagai tindak kecurangan yang telah dilaporkan oleh tim BPN. Karena bagaimana pun kecurangan tetap harus diusut oleh penyelenggara pemilu.

“Hari sabtu timnya Pak Djoko Santoso sudah kirim surat resmi ke KPU dan Bawaslu minta tindakan dan kasus ilegal, kecurangan itu diusut dan diperiksa hingga tuntas,” pungkasnya.

Menurut Hashim dari data yang dikumpulkan BPN 02, setidaknya ada 1.200 dugaan kecurangan yang ditemukan oleh BPN di pilpres kali ini. Hal tersebut pun telah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu).

Adapun kecurangan tersebut bentuknya macam-macam. Mulai dari di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), pemungutan suara hingga penghitungan suara.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads