alexametrics

Puan Pidato di Depan Raja Salman, Ini Komentar Sejumlah Tokoh Nasional

21 Desember 2018, 17:20:18 WIB

JawaPos.com – Pidato Menko PMK Puan Maharani di acara pembukaan Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Saudi Arabia, mendapat banyak aprsiasi dari kalangan tokoh nasional. Cucu presiden pertama Bung Karno itu menekankan pentingnya peran strategis Indonesia dalam memajukan peradaban Islam dunia.

Para tokoh itu menjadi bagian dari delegasi Indonesia yang ikut hadir di pembukaan Festival Kebudayaan Islam paling bergengsi se dunia itu. Raja Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan tokoh-tokoh pejabat teras negeri itu hadir di sana.

Dalam pidatonya, Puan memamparkan, Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Namun dengan pondasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia berhasil menjaga kerukunan umat beragama. Hal itu sejalan dengan konsep Islam, Rahmatan Lil Alamiin.

“Isi pidato Puan sangat tepat dan strategis buat posisi Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan tawaran solusi Islam Rahmatan Lil Alamin kepada dunia Islam, membuat kita semua bangga kepada Mbak Puan,” ujar Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, yang hadir di Arab Saudi, Jumat (21/12).

Sementara itu, sebgaimana dilansir dari keterangan tertulis pada JawaPos.com, Sekretaris PP Muhamadiyah Abdul Mu’ti, yang hadir dalam acara tersebut, mengaku kagum dengan pidato Puan yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Dia memberikan acungan jempol kepada pidato Menko PMK. “Bahasa Inggris Mbak Puan oke juga ya,” seloroh Abdul Mu’ti.

Kepala BNPT2TKI yang juga aktivis Nahdatul Ulama (NU) Nusron Wahid, menilai pidato Puan sangat istimewa dan menakjubkan. Karena disampaikan di depan Raja Salman dan petinggi utama Arab Saudi lainnya.

“Dan beliau (Puan) satu-satunya perwakilan delegasi dari semua negara yang diundang, yang mendapat kesempatan pidato,” kata Nusron.

Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, menyatakan bahwa sebagai kader PDI Perjuangan, isi pidato Puan mematahkan berbagai tuduhan yang tidak tepat terhadap PDI Perjuangan.

“Pidatonya sekaligus mematahkan fitnah selama ini bahwa PDI Perjuangan seakan anti terhadap kepentingan Islam dan dunia Islam,” imbuhnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (jpg/JPC)



Close Ads
Puan Pidato di Depan Raja Salman, Ini Komentar Sejumlah Tokoh Nasional