alexametrics

Banyak Kader Tersangkut Kasus Korupsi, Ini Reaksi Elite Golkar

21 Oktober 2021, 09:43:21 WIB

JawaPos.com – Beberapa kader Partai Golkar terjerat dalam kasus korupsi baik di Kejaksaan Agung (Kejagung) maupun di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini pun mendapat respons dari elite Partai Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, kader-kader yang terjerat kasus korupsi tersebut menjadi pelajaran bagi partai berlogo pohon beringin ini.

“Ini akan menambah upaya kami agar lebih intensif mengantisipasi agar kader-kader kami tak terjebak lagi dalam masalah hukum itu,” ujar Doli kepada wartawan, Kamis (21/10).

Ketua Komisi II DPR ini menuturkan, Partai Golkar tidak mengintervensi kasus korupsi yang sedang dihadapi beberapa kadernya tersebut. Namun dia meminta ke masyarakat untuk juga mengedepankan asas praduga tidak bersalah.

“Jadi belum tersangka itu terbukti salah kemudian otomatis menjadi terdakwa atau terpidana. Prosesnya kan masih panjang. Oleh karena itu kita serahkan mekanismenya pada mekanisme yang berlaku. Kita hormati proses hukum para penegak hukum,” katanya.

Doli berharap kader-kader yang sedang tersangkut kasus korupsi tidak bersalah. Sehingga bisa membuktikan ke publik bahwa kerja-kerja yang dilakukannya selama ini adalah benar.

“Mudah-mudahan kita berdoa para kader kita tak terbukti bersalah. Dan kemudian akhirnya memang mereka membuktikan bahwa mereka bekerja selama ini dengan prinsip clean government dan good government,” ungkapnya.

Doli menuturkan, Partai Golkar juga akan memberikan bantuan hukum kepada kader-kader yang tersangkut kasus korupsi tersebut. Namun hal bisa dilakukan jika si kader itu meminta bantuan hukum.

“Mereka kan juga merasa punya kuasa hukum atau lawyer yang mereka rasa bisa membantu mereka. Tapi kami siap saja kalau memang itu diminta,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sejumlah kader Partai Golkar terseret kasus korupsi. Terbaru, KPK menetapkan tersangka Bupati Kuansing sekaligus kader Golkar Andi Putra terkait suap perkebunan.

Pekan lalu, Bupati Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin sekaligus kader Golkar juga ditetapkan tersangka oleh lembaga anti rasuah. Ia terseret kasus suap terkait infrastruktur.

Belum lama, Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang juga Ketua Golkar Tanjungbalai juga ditangkap dan ditahan. Kasus Syahrial malah menyeret Waketum Golkar Azis Syamsuddin. Aziz pun sudah melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Selain juga ada nama, kader Golkar Alex Noerdin yang ditetapkan tersangka pada dua kasus korupsi berbeda. Pertama dia sebagai tersangka kasus duaan korupsi gas bumi. Kemudian kedua Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka kasus dana hibah masjid.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads