JawaPos Radar

Pilpres 2019

Survei LSI, Jokowi-Ma'ruf Kalahkan Prabowo-Sandi dengan Skor 5-1

21/08/2018, 15:14 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Jokowi dan Ma'ruf
Pasangan Jokowi - Ma'ruf disebut oleh LSI unggul di lima segmen pemilih. Ternasuk suara kaum emak-emak. (Dery/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Riset terbaru yang dilakukan oleh ‎Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut, pasangan Prabowo-Sandi kalah telak dengan skor 1-5 dari Jokowi-Ma'ruf. Kubu oposisi disebut kalah di lima kantong suara.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, setidaknya ada enam kantong suara yang menjadi target pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul lima kantong suara. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya unggul satu.

Pertama kantong atau segmen untuk ketegori pemilih muslim. Dalam riset yang dilakukan LSI terbukti responden memilih Jokowo-Ma'ruf ketimbang Prabowo-Sandiaga.

Prabowo - Sandi
Pasangan Prabowo - Sandi saat menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto sebagai syarat utama menjadi peserta pilpres 2019. (Dery/JawaPos.com)

"Karena Jokowi-Ma'ruf mendapatkan persentase 52,7 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya 27,9 persen. Sementara yang tidak memilih sebanyak 19,4 persen," ujar Adjie di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Selasa (21/8).

Kedua di katergori pemilih nonmuslim, Jokowi juga unggul dari Prabowo. Sebab pasangan petahana dipilih oleh 47,5 persen responden survei. Sedangkan Prabowo-Sandi 43,6 persen. Kemudian yang belum memilih sebesar 8,9 persen.

Ketiga, yakni kategori pemilih 'wong cilik'. Dikatakan Adjie, Jokowi-Ma'ruf unggul lagi kerena mendapatkan angka 54,7 persen. Sementara Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 25,2 persen. Sedangkan yang tidak memilih cukup besar yakni 20,1 persen.

"Jokowi-Ma'ruf Amin menang dua digit di pemilih wong cilik yang populasinya mencapai 58,5 persen," katanya.

Untuk kantong keempat yakni kategori pemilih 'emak-emak'. Dikatakan Adjie selama ini Sandiaga Uno yang disebut-sebut mampu merebut hati ibu-ibu. Namun di survei LSI ini pasangan Prabowo-Sandiaga kalah kerena hanya mendapat angka 30,0 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf Amin 50,2 persen.

"Sementara yang belum memutuskan kedua pasangan tersebut ada angka 19,8 peren," ungkapnya.

Kelima, di kategori pemilih kaum milenial. Dikatakan Adjie, Jokowi masih mampu merebut hati kaum milenial. Kerena terbukti unggul sebesar 50,8 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan angka 31,8 persen. Yang tidak memilih sebanyak 17,4 persen.

"Jadi di pembukaan Asian Games lalu itu juga menunjukkan Jokowi sedang mendekati kaum milenial," katanya.

Terakhir, untuk kantong keenam Prabowo-Sandi unggul di kategori kaum terpelajar dengan mendapatkan angka 44,5 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat angka 40,4 persen. Kemudian yang tidak memilih sebesar 15,1 persen.

Diketahui, survei LSI ini dilakukan pada 12-19 Agustus 2018 secara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dari 33 provinsi di Indonesia.

Responden yang dipilih adalah di atas umur 17 tahun atau yang sudah menikah. Di survei ini margin of error sebesar lebih/kurang 2,9 persen.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up