alexametrics
Di Balik Proses Rekapitulasi Suara Pilpres

Karangan Bunga Ucapan Selamat ‘Serbu’ Kedua Capres-Cawapres

Sama-sama Diklaim sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024
21 April 2019, 21:30:41 WIB

JawaPos.com – Proses rekapitulasi perolehan suara pilpres dan pileg dalam Pemilu Serentak 2019 masih berlangsung di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari dua pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden belum diketahui siapa yang terpilih. Namun demikian, kedua paslon telah “diserbu” dengan ucapan selamat dari pendukung masing-masing.

Ucapan selamat itu diekspresikan lewat karangan bunga yang dikirim ke kediaman dan kantor pusat pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres. Keduanya diklaim oleh masing-masing pendukung adalah presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Karangan bunga ucapan selamat untuk Prabowo-Sandiaga Uno di Kertanegara, Jakarta, Minggu (21/4). (Igman Ibrahim/JawaPos.com)

Seperti pantauan JawaPos.com di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Minggu (21/4). Karangan bunga terpasang di tepat depan rumah Prabowo. Saking banyaknya, karangan bunga yang berjejer dari halaman rumah hingga ke halaman rumah tetangga. Ada tiga rumah tetangga ikut terpasang ucapan selamat dari karangan bunga.

Karangan bunga itu berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat, perusahaan, hingga simpul relawan. Ucapan selamat yang tertulis di papan bunga itu pun beragam. Paling dominan terdapat ucapan, ‘Selamat Terpilihnya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai presiden dan wakil presiden RI 2019-2024’.

Ketua DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mengaku terharu atas dukungan masyarakat terhadap pencalonan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Dukungan itu tidak hanya sekadar karangan bunga, termasuk juga kedatangan masyarakat yang menyampaikan ucapan selamat secara langsung di rumah Prabowo usai pencoblosan.

Andre menyebut, hingga hari keempat ucapan selamat dan dukungan terus berdatangan. “Jangankan karangan bunga, dari luar kota pun mereka datang. Mereka bilang, ‘pak saya dari Makassar, kami dari kalimantan, kami datang dari Papua, kami datang dari Aceh’. Ini kan menunjukkan bahwa antusiasme yang begitu luar biasa dari masyarakat kepada kita,” tutur Andre kepada JawaPos.com, Minggu (21/4).

Meski mendapat dukungan dan ucapan selamat, Andre meminta pendukung Prabowo-Sandiaga untuk bersabar menunggu keputusan yang diumumkan oleh KPU. Dia meminta para simpatisan tetap menjaga kerukunaan Bangsa Indonesia.

“Tunggu hasil real count dan tunggu keputusan KPU sama-sama. Mau TKN dan BPN kasih karangan bunga, yang penting masyarakatnya rukun rukun aja. Damai damai saja,” tandasnya.

Karangan bunga ucapan selamat untuk Jokowi-Ma’ruf Amin mengelilingi pagar Istana Negara, Minggu (21/4). (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Kondisi serupa juga terlihat di Istana negara dan kantor Tim Kampanye Nasional (TKN). Dua lokasi itu dibanjiri karangan bunga ucapan selamat untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Salah satu karangan bunga itu bertuliskan “Selamat dan Sukses atas terpilihnya, Bp. Ir. Joko Widodo & Bp. KH. Ma’ruf Amin sebagai Presiden & Wakil Presiden Periode 2019 s/d 2024”.

Datangnya sejumlah karangan bunga itu ternyata imbauan dari Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir. Sebab dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menyatakan Jokowi-Ma’ruf unggul dari rivalnya paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Imbauan itu untuk menjawab keinginan masyarakat yang ingin mengekspresikan kemenangan Jokowi-Ma’ruf versi hitung cepat. Erick melalui imbauannya meminta para pendukung dan relawan untuk mengirim karangan bunga ‘yang lucu-lucu dan seru-seru’ ke kantor TKN di Gedung High End, Jalan Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat.

“Imbauan ini menjawab keinginan relawan dan masyarakat yang ingin mengekspresikan kemenangan Pak Jokowi menurut hitung cepat,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily saat dikonfirmasi, Minggu (21/4).

Politikus Partai Golkar ini menyatakan, imbauan itu dilakukan untuk menunjukkan kegembiraan pasca hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Ini syukuran kemenangan kita ditunjukkan dengan riang gembira, penuh kedamaian bukan menebar ketakutan, dan ancaman,” ucapnya.

Karangan Bunga dari masyarakat memberi dukungan pada KPU untuk menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Masyarakat masih percatya KPU bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Tidak hanya untuk dua pasangan calon, KPU sebagai penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan ini pun tak luput dari ucapan dukungan dari masyarakat. Terlebih saat ini KPU tengah bekerja untuk merekapitulasi perolehan suara dari kedua pasangan calon. Suara itu dihimpun secara berjenjang. Mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, hingga seluruh provinsi. Hingga kini proses rekapitulasi itu masih berlangsung. Dukungan dari karangan bunga itu dikirim ke kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Editor : Ilham Safutra