alexametrics

Sowan ke Nahdlatul Wathan, Ganjar Bahas Kondisi Bangsa hingga MotoGP

21 Maret 2022, 22:50:32 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani, di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia langsung sowan ke kediaman Tuan Guru Sani (TGS) KH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, selaku Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan.

Ganjar juga menyempatkan diri menyapa ribuan santri. Dia berpesan agar para santri belajar dengan sungguh-sungguh.

“Belajar baik-baik ya, hormati guru dan kiai. Jangan lupa selalu minta doa restu dari orang tua,” kata Ganjar kepada wartawan, Senin (21/3).

Sementara itu, TGS Zainuddin Atsani menyambut baik kedatangan Ganjar. Sebab, di lingkungannya banyak yang mengidolakan politikus PDI Perjuangan itu.

“Pak Ganjar ini banyak fansnya. Santri saya banyak yang ngefans sama bapak. Juru masak saya yang masak ini, juga mengidolakan bapak,” kata Atsani.

Pertemuan kedua tokoh itu berlangsung cukup lama. Hampir dua jam, Ganjar dan Atsani berbagi pengalaman hingga bertukar pikiran tentang banyak hal, dari kondisi bangsa hingga perhelatan akbar MotoGP Mandalika.

“Iya, ramai sekali itu (MotoGP Mandalika), sampai malam masih ramai orang datang. Ya, mudah-mudahan membawa manfaat,” ucap Atsani.

Di sana, Ganjar juga menyempatkan sowan ke ibu dari TGS Zainuddin Atsani, yakni Hj Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid. “Di sini ada sekitar 12.000 santri dari seluruh Indonesia. Ada juga yang dari luar negeri. Kalau sebaran, Nahdlatul Wathan sudah ada di 34 provinsi dan pondok pesantren kami ada 1.600 seluruhnya,” ucap Atsani.

“Sudah lama kan beliau (Ganjar) mau ke sini, cuma belum jadi. Hari ini beliau datang ya, memang beliau ini sosok pemimpin yang baik dan ramah,” tandasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: